Header Ads Widget

DPK Horas Bangso Batak Sei Beduk Adakan Pelatihan AutoCAD Secara Gratis

Foto : Pelaksanaan pelatihan AutoCAD tahap pertama, Jumat (24/9/21). (dok)

Batam, jejaksiber.com - Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Organisasi Kemasyarakatan Horas Bangso Batak (HBB) Sei Beduk mengadakan pelatihan AutoCAD secara gratis untuk masyarakat, kegiatan itu diselenggarakan di Kantor Sekretariat DPK HBB Sei Beduk, Tanjung Piayu, Kota Batam, Selasa (28/9/21).

Pelatihan Autocad tersebut telah dilakukan untuk kedua kalinya dan terbuka untuk umum, yang mana pelaksanaan pertama pada hari Jumat (24/9/21) pekan lalu di tempat yang sama.

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

CAD (Computer Aided Design) adalah sebuah perangkat lunak otomatisasi yang menggunakan berbagai alat desain dengan komputer yang membantu insinyur, arsitek dan profesional lain dalam keperluan perencanaan.

Foto : Pelaksanaan pelatihan AutoCAD tahap kedua, Selasa, (28/9/21). (dok)

Ketua DPK HBB Sei Beduk JR. Hutabarat memaparkan bahwa pelatihan gratis itu dibuka bertujuan agar memberikan pemahaman mengenai AutoCAD yang memungkinkan para peserta untuk mempersiapkan gambar dengan cepat dan akurat, serta memudahkan visualisasi ide dan gagasannya dengan baik.

"Melihat kondisi di pandemi ini, sangat sulit untuk mencari pekerjaan, maka HBB DPK Sei Beduk mengadakan program pelatihan gratis untuk umum," ujar JR. Hutabarat.

JR. Hutabarat juga menambahkan bahwa software drawing technical yang akan dilatih antara lain, AutoCAD, SketchUp dan SolidWorks untuk menunjang SDM (Sumber Daya Masyarakat), sehingga dapat menambah peluang bagi masyarakat untuk berkompetisi dalam mencari pekerjaan.

"Beberapa program dari HBB DPK Sei Beduk akan dijalankan berikutnya seperti belajar mengetik menggunakan 10 jari dengan baik yang diperuntukkan kepada kalangan pelajar juga photoshop maupun corel draw," tutur Ketua DPK HBB Sei Beduk itu.

Foto : Ketua DPC HBB Kota Batam Zusri Sihombing (tengah) bersama Sekretaris DPC HBB Kota Batam Jackson Sibarani (kiri) dan Bendahara DPC HBB Kota Batam Rahmat Sibarani (kanan). (dok)

Zusri Sihombing selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HBB Kota Batam menjelaskan bahwa Pelatihan AutoCAD 2D & 3D ini merupakan program desain berbasis teknik yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan gedung dan tata kota.

Ketua DPC HBB Kota Batam sangat mendukung program yang dilakukan oleh DPK Sei Beduk itu, dengan memberikan materi aplikasi, diharapkan para peserta dapat mempelajari pembuatan desain gambar kerja yang terdiri dari pembuatan denah, tampak, potongan, gedung 3 dimensi, interior dan landscape.

"Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta menguasai program AuotoCAD dengan baik dan dapat mengaplikasikan dalam perencanaan desain gedung, perkantoran, perumahan, tata kota dan pekerjaan lain yang berkaitan," kata Zusri Sihombing.

Selama pelaksanaan pelatihan, seluruh peserta dan tenaga pengajar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan menjaga jarak. (Js)