Header Ads Widget

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolres Rohil Luncurkan Program Bedah Rumah

Foto : Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, S.I.K., M.H. didampingi Ketua Baznas Kabupaten Rohil H. Baharudin dan Kepala Desa Kepenghuluan Bagan Jawa Markasim, S.E. saat menyerahkan kunci rumah hasil bedah rumah kepada keluarga Irwansyah. (dok)

Rohil, jejaksiber.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto menyerahkan kunci rumah kepada Irwanyah (42) yang didampingi istrinya Fitri (40) yang beralamt di Jalan Sempurna, Gang Sempurna ujung, RT.11/RW.04, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Rohil, Senin kemarin (6/9/21).

Pasangan suami istri bersama kedua anaknya itu merasa terharu campur gembira saat pertama kali memasuki rumahnya yang baru saja diperbaiki melalui program bedah rumah Polres Rohil.

Program Polres Rohil itu bekerjasama dengan Baznas Rohil, sebelumnya kondisi rumah warga Bagan Jawa itu sudah tidak layak huni karena kondisinya sudah rusak, dinding dan lantai bocor, sehingga saat musim hujan keluarga ini sangat menderita.

Kapolres Rohil yang di dampingi H. Baharudin selaku Ketua Baznas Rohil, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Kepala Desa Kepenghuluan Bagan Jawa Markasim dan Ketua RT setempat mengatakan informasi bahwa ada warga sedang menghqrapkan bantuan bedah rumah melalui pesan WhatsApp.

"Kita tanggapi, apa lagi ini merupakan program kita dan intruksi Bapak Kapolri di masa pandemi Covid-19," kata Nurhadi.

Selanjutnya Kapolres Rohil berkoordinasi dengan Ketua Baznas Rohil hingga akhirnya program ini dapat terealisasi.

"Personil Polres Rohil setiap bulanya mengeluarkan atau membayarkan zakat profesi ke Baznas, lalu kita buat program bedah rumah, Jum’at berkah dan bagi-bagi sembako atau makanan untuk masyarakat kurang mampu," ujar Kapolres Rohil.

Disamping penyerahan kunci rumah, Kapolres Rohil juga menyerahkan beberapa bantuan berupa perlengkapan rumah tangga.

"Bedah rumah selesai di kerjakan, hari ini kunci rumah kita serahkan, kemudian ada tambahan lainya, berupa kulkas, kipas angin, meja dan mesin cuci," ucap Nurhadi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Rohil mengungkapkan bahwa Polres Rohil merupakan institusi yang secara rutin menyalurkan zakat profesi personilnya ke Baznas.

"Satu-satunya Polres yang aktif dan berkesinambungan dalam menyalurkan zakat profesi personilnya ke Baznas," tutur Baharudin.

Baharudin mengatakan bahwa sasaran program bedah rumah adalah warga yang benar-benar kurang mampu.

"Maka dengan program bedah rumah ini, merupakan program yang di peruntukan kepada warga kurang mampu, bapak Kapolres sangat proaktif dalam program ini," pungkasnya.

Sementara itu, Irwansyah selaku warga yang mendapatkan program bedah rumah mengucapkan terimakasih kepada Allah dan juga kepada pihak Kepolisian yakni Kapolres Rohil beserta jajaran yang telah memberikan perhatian penuh kepada mereka.

"Saya haru, tak dapat berkata apa-apa, hanya berterima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Nurhadi Ismanto, Bapak Sasli Rais dan seluruh personil Polres Rohil yang telah memperbaiki rumah saya," ujar Irwansyah dengan wajah haru bercampur bahagia.

Hal senada juga disampaika oleh Markasim selaku Kepala Desa Kepenghuluan Bagan Jawa atas bantuan dan perhatian dari Kapolres Rohil.

"Atas nama Pemerintah Kepenghuluan Bagan Jawa, saya sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolres dan jajaranya atas bantuan bedah rumah untuk warga kita," ucap Markasim.

Tidak hanya itu, keluarga Irwansyah juga mendapat bantuan satu ekor kambing dari Bripka Suratman yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Bangko jajaran Polres Rohil. (Red)