Header Ads Widget

Bupati Radiapoh Sinaga Serahkan 4 Unit Hand Traktor Kepada Kelompok Tani

Foto : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani. (dok)

Simalungun, jejaksiber.com - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) Hand Traktor sebanyak 4 unit kepada kelompok tani (poktan), Kamis (7/10/21), di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba, Sumatera Utara.

Alat mesin pertanian Hand Traktor tersebut diserahkan kepada Poktan Sadar Tani Kecamatan Silimakuta, Poktan Naga Tunas Kecamatan Raya,  Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba dan Poktan Tani Sejahtera Kecamatan Hutabayu Raja, bantuan dari Kementerian Pertanian Secara simbolik diserahkan Bupati kepada Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba.

Radiapoh Sinaga, berharap dengan alsintan ini dapat memotivasi petani untuk mendukung ekonomi disektor pertanian, meskipun hanya 4 unit.

"Tapi ini saya pikir awal yang baik untuk dapat kita menganggarkan kembali, tidak hanya alsintan, namun kebutuhan pertanian yang lainnya demi menunjang kemajuan pertanian di Simalungun agar tidak tertinggal dengan daerah lain, tugas kita bersama untuk memajukan pertanian," kata Radiapoh.

Bupati Simalungun itu menjelaskan bahwa wilayah Kabupaten Simalungun, 70% adalah sektor pertanian, hal itu menurut Radiapoh yang membuat bahwa ini harus dimajukan secara bersama-sama.

"Tidak hanya mengandalkan APBD, akan tetapi kita akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan kementerian pertanian di Jakarta, sehingga kita bisa menyampaikan peluang-peluang untuk kebutuhan Simalungun," pungkasnya.

Ia menuturkan, untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani ke depan pihaknya akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani seperti bimbingan teknis untuk dapat belajar dari daerah yang sudah maju dalam hal pertanian.

Sementara itu, mewakili penerima bantuan Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba,  menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Simalungun yang telah memberikan bantuan kepada kelompok taninya.

"Saya sangat bahagia menerima alat ini, karena sejak terbentuk Poktan Makmur tani, baru kali ini menerima bantuan," ujar Sarmalim Purba.

Pada penyerahan alat itu, disaksikan oleh Kadis Pertanian Ruslan Setepu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kadis Hanpang Pardomuan Sijabat, Kadis Perindag Harmedin Saragih dan Plt Kasatpol PP Adnadi Girsang, Camat Purba Lince Simamora,  mendemonstrasikan bantuan alsintan tersebut dilahan pertanian yang tidak jauh dari lokasi acara. (Surya Damanik)