Header Ads Widget

Puluhan Insan Pers di Papua Ikut UKW

Foto : Puluhan Insan Pers di Papua saat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan. (dok)

Sorong, jejaksiber.com - Sedikitnya 54 Jurnalis (Insan Pers) di Provinsi Papua dan Papua Barat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bertempat di Swissbel Hotel, Kamis (21/10/21) dan Jumat (22/10/21).

Pelaksanaan UKW yang berlangsung selama 2 hari itu, dibuka oleh Walikota Sorong diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Hj. Gamar Malabar, sekaligus membuka pelatihan UKW dengan memukul Tifa UKW.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Kapolres Sorong Kota AKBP Try Nyoto, Dandim 1802 Letkol Inf Budiman serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Penelitian Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers, Ahmad Jauhar mengatakan bahwa kegiatan UKW ini merupakan kesempatan yang berharga bagi para Jurnalis di Papua dan Papua Barat.

Ia menuturkan, kegiatan UKW selama dua hari itu dapat diikuti dengan baik dengan harapan semua peserta UKW lulus di tingkatnya masing-masing, yakni tingkat Muda, Madya dan Utama.

"Peserta UKW ini terbagi dalam jenjang Muda (Wartawan), jenjang Madya (Redaktur) juga jenjang Utama (Pemred) dan Redaktur Pelaksana (Redpel)," ujar Ahmad Jauhar.

Ahmad Jauhar juga menjelaskan, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan ini terlaksana atas kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), kemudian Dewan Pers serta didukung oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sorong.

Uji Kompetensi Wartawan yang dilaksanakan sejak pagi hingga malam itu menghadirkan 9 orang penguji dari LPDS Jakarta.

Staf Ahli Bidang SDM Pemerintah Kota Sorong mewakili Walikota Sorong, dalam sambutannya mengatakan, Insan Pers di Kota Sorong dalam melaksanakan tugas jurnalisnya sudah cukup baik membantu pemerintah melalui pemberitaan di medianya masing-masing, serta dapat mengedukasi masyarakat.

"Dengan terlaksananya kegiatan Uji Kompetensi Wartawan, dapat lebih memahami dengan baik Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugasnya di lapangan," pungkasnya. (Jos)