Header Ads Widget

Warga Tionghoa Panipahan Rehab Jalan Dengan Dana Swadaya

Foto : Kondisi jalan setelah diperbaiki oleh warga Tionghoa secara gotong-royong.  (dok/MM)

Rohil, jejaksiber.com - Sudah puluhan tahun jalan di Desa Panipahan, Kecamatan Palika, Kabupaten Rokan Hilir, Riau belum pernah tersentuh dengan perbaikan.

Menanggapi hal itu, sifat kegotong royongan dan kerjasama antar masyarakat ternyata masih sangat terjaga khususnya di Kepenghuluan Panipahan tersebut. Khusus nya di kalangan masyarakat Tionghoa masih tetap melekat walaupun terkikis dengan seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman saat ini.

"Seperti yang terjadi di jalan Darma Ujung, Kepenghuluan Panipahan, warga Tionghoa bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak  dan dana nya ditanggung oleh warga sendiri, terutama bagi yang mempunyai gudang ikan," kata Ahai salah satu warga Tionghoa saat ditemui di tempat kerja nya Rabu siang (24/11/2021).

Ia juga menambahkan bahwa daerahnya itu belum pernah tersentuh dana perehapan baik yang bersumber dana dari APBD Maupun ADD/DD.

Atas dasar itu, sehingga masyarakat Tionghoa melakukan perbaikannya secara bergotong royong dengan mengumpulkan dana jika ada jalan yang rusak, karena jalan tersebut merupakan jantungnya perekonomian yang ada di Desa Panipahan seperti yang diketahui sekarang ini.

"Jalan yang berada di wilayah Panipahan ini merupakan jalan akses warga," pungkasnya.

Pasalnya, jalan tersebut sudah hampir puluhan  tahun belum pernah tersentuh oleh tangan manis Pejabat terkait mendapatkan perbaikan dan rehab karena jalan tersebut diketahui milik Pemerintah Daerah setempat.

Menurut penuturan Ahai, dengan harapan jalan yang memiliki luas panjang sepertinya jalan bakti di depan Kantor Perikanan Panipahan ini juga prihatin, "Supaya bisa segera dilakukan perbaikan, mengingat jalan itu juga merupakan milik Pemerintah Daerah setempat karena jalan tersebut merupakan jantungnya perekonomian Desa setempat," tutup Ahai. (MM)

Editor : Js