Header Ads Widget

Diduga Kurang Mendapat Perhatian dari Pemkab Rohil, Desa di Kecamatan Pekaitan Alami Keluhan

Foto : Kondisi jalan yang memperihatinkan di Desa Kubu 1, Kecamatan Pekaitan, Rohil. (dok/Hdk)

Rohil, jejaksiber.com - Kondisi keadaaan Desa Kubu 1 di Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau dinilai kurang mendapat perhatian dari Pemerintah.

Hal itu berdasarkan hasil pantauan Wartawan media ini di lokasi Jum'at Siang (28/1/2022), terdengar sejumlah keluhan-keluhan dari warga terkait dengan situasi dan kondisi keadaaan perdesaaan tersebut yang sedemikian.

Berdasarkan informasi yang di dengar, bahwa keadaaan jalan di perdesaaan tersebut semangkin parah setelah diguyur hujan. 

Tak hanya itu, jika di lihat dari kondisi keadaaan desa tersebut, yang  sangat memprihatinkan yang di sinyalir belum begitu mendapat perhatian, dari Pemerintah Daerah Kabupaten.

Mirisnya lagi, berdasarkan informasi sementara, bahwa hujan yang terjadi di beberapa waktu terakhir yang juga sempat merendam di area persawahan warga yang berujung kegagalan bagi warga sekitar lokasi untuk memperoleh hasil yang terjadi waktu itu.

Belum lagi, sudah bisa dipastikan hujan yang mengguyur waktu itu, disinyalir dapat mengakibatkan kerusakan jalan semangkin tidak karuan.

Dugaan sementara, minimnya pembangunan jalan terhadap desa tersebut yang hingga berdampak buruk bagi putaran perekonomian warga sekitar pun tak bisa dihindarkan.

Pasalnya, jalan tersebut merupakan satu-satunya urat nadi perekonomian warga, sehingga karena kondisi jalan yang memperihatinkan itu kehidupan masyarakat bisa terancam.

Hal ini yang sangat di keluhkan oleh warga, belum lagi setelah di guyur hujan, warga terpaksa harus memutar arus jalan yang memakan waktu lebih kurang 5 sampai 6 dalam perjalanan untuk sampai ke tujuan.

Penghulu Kubu 1, Muklisin membenarkan hal itu, dalam penjelasannya, adapun sejumlah keluhan-keluhan yang dialami desa tersebut merupakan keadaaan jalan yang rusak yang sangat membutuhkan perhatian.

Selanjutnya, Muklisin juga mengatakan, belum lagi terkait dengan situasi di beberapa waktu lalu, dimana curahan air hujan yang terbilang cukup tinggi, sehingga berdampak bagi warga, diketahui, genangan air yang waktu itu terjadi tak bisa bisa dihindarkan dikarenakan adanya penyumbatan di Sungai induk yang di sinyalir dapat mengurangi debit air yang waktu itu cukup tinggi, namun tak bisa berfungsi normal, adanya dugaan, bahwa disepanjang aliran sungai di penuhi rumput, sehingga dapat memperhambat perjalanan air waktu Itu.

"Namun kita dari Pemerintah Desa Kubu 1 juga sudah berupaya untuk membahas persoalan ini ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dan selanjutnya, kita berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir agar bisa membantu untuk mengatasi keluhan-keluhan seperti ini," kata Muklisin saat diwawancarai Wartawan media ini di lokasi, Jum'at (28/1/22) sore.

Penulis : Handoko

Editor : Js