Header Ads Widget

Kapolres Rohil Apresiasi Program Smart City yang Digaungkan Diskominfotiks Rohil

Foto : Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan, S.E. (atas kanan), ilustrasi CCTV lalulintas (atas kiri), ilustrasi ruang monitor CCTV (bawah). (dok/net/ist)

Rohil, JejakSiber.com - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir mengagungkan Program Smart City (Kota Cerdas) dengan memasang CCTV di seluruh Kantor Instansi Pemerintah, Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau.

Indra Gunawan, S.E. selaku Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Rohil menjelaskan bahwa permintaan pemasangan CCTV OPD itu awalnya dari Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rokan Hilir, H. Sulaiman, untuk memantau fungsi pelayanan publik khususnya pada Instansi Pemerintahan, namun Indra langsung menggabungkan dengan Program Smart City.

"Karena Rohil sudah menjadi salah satu nominasi dari 155 Kabupaten/Kota untuk dijadikan Smart City oleh Kementerian Kominfo, cuma untuk yang di lalulintas masih dalam progres pemasangan, CCTV seluruhnya nanti dialiri oleh internet 1 pintu dari Kominfo," kata Indra kepada media online jejaksiber.com saat ditemui di ruang kerjanya, gedung Kantor Bupati Rohil, Bagansiapiapi,  Senin (28/3/22).

Plt. Kadis Kominfotiks Rohil itu menuturkan bahwa Program Smart City adalah brand nasional, namun untuk Rokan Hilir, kata Indra Kominfo motornya, "Semua kantor terpasang, Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Bagansiapiapi, namun belum kita on kan, nanti internetnya 1 April dialirkan ke CCTV, baru on semua," pungkasnya.

Lebih lanjut kata Indra, Visi dan Misi kelima Bupati Rokan Hilir adalah terwujudnya tata kelola Pemerintahan yang baik berbasis teknologi, "Ini yang menjadi turunan untuk berbagai inovasi terkait teknologi informasi di Kominfo Rohil. Salah satunya percepatan sistem Pemerintahan berbasis elektronik yang sudah kami mulai dengan berbagai aplikasi, progres tanda tangan elektronik," ujar Plt. Kadis Kominfotiks Rohil saat diwawancara awak media ini.

Ditempat terpisah, Iwan, salah satu warga Rokan Hilir mengaku diuntungkan dengan adanya CCTV di setiap Kantor Instansi Pemerintah maupun fasilitas umum seperti Rumah Sakit dan Puskesmas

"Program itu sangat menguntungkan bagi masyarakat, karena dengan adanya CCTV di tempat-tempat fasilitas umum, sudah pasti oknum-oknum pegawai yang bertugas di tempat tersebut akan bekerja lebih maksimal dan lebih melayani masyarakat dengan baik, apalagi kalau dipasang di setiap persimpangan jalan, pastinya akan lebih membantu lagi, terutama jika ada kejadian di lalulintas, untuk pengungkapannya pasti lebih mudah," ucap Iwan saat dimintai tanggapan oleh awak media ini di salah satu kedai kopi di seputaran Bagansiapiapi.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan oleh media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto turut mengapresiasi program Smart City yang digaungkan oleh Diskominfotiks Rohil itu.

"Ia, nanti kami lagi cek dan koordinasi, CCTV yang dipasang bagaimana kualitasnya, tentu kita mengapresiasi dan mungkin kita akan minta linknya untuk dapat tersambung dicommand center Polres Rohil, untuk ikut memantau situasi di jalan yang terpantau di CCTV tersebut," kata Nurhadi. (Js)

Editor : Red