Header Ads Widget

Politik di Indonesia Mulai Memanas

Foto : Muscab IV secara serentak di 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat di gelar Sabtu (11/6/22) kemarin di Relick Panorama Hotel Kota Sorong dengan mengikutsertakan 13 Kabupaten/Kota se-Papua Barat. (dok/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hari dan tanggal pemungutan suara untuk pemilu 2024, yaitu pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Hal itu ditetapkan oleh Ketua Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, tentang penetapan hari pemungutan suara pemilu 2024 melalui keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022.

Dengan demikian, dalam waktu dekat para calon peserta partai politik bisa melakukan tahapan awal pendaftaran, termasuk para partai pendatang baru.

Dua tahun menjelang pemilihan umum (Pemilu)  2024, sejumlah partai politik mulai melakukan langka persiapan.

Tak hanya diramaikan partai lama, seperti partai Golkar, Partai PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan partai partai besar lainnya, namun beberapa Partai baru bermunculan untuk ikut bertarung merebut kursi panas pemilu 2024 mendatang.

Dua tahun kedepan, waktu yang tidak lama lagi bagi partai mempersiapkan langkah-langkah dalam membangun strategi.

Inilah yang dilaksanakan oleh Partai Demokrat dengan Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seperti yang telah diberitakan media ini sebelumnya.

Saat ini AHY mulai melakukan langkah persiapan untuk partainya mulai ditingkat DPP, DPD, DPC dan ditingkat DPAC.

Tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) contohnya, bahwa DPD Partai Demokrat telah melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) yang dipusatkan di Kota Sorong.

Muscab IV secara serentak di 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat di gelar Sabtu (11/6/22) kemarin di Relick Panorama Hotel Kota Sorong dengan mengikutsertakan 13 Kabupaten/Kota se-Papua Barat.

Muscab Partai Demokrat tersebut dibuka secara virtual oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya yang diikuti oleh Ketua DPD Partai Demokrat Papua Barat, Abdul Faris Umlati dan beberapa pejabat dari pemerintahan daerah Kota se-Sorong Raya, serta kader-kader Partai Demokrat dari 13 Kabupaten/Kota Sorong se-Provinsi Papua Barat.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat yang juga sebagai Bupati Raja Ampat dalam kata sambutannya meminta seluruh kader Partai Demokrat harus militan dan loyalitas terhadap partai.

"Partai Demokrat harus bersatu, bergandengan tangan mulai dari tingkat DPP, DPD, DPC dan DPAC untuk membesarkan partai dan berguna di tengah-tengah masyarakat," tegas Abdul Faris Umlati.

Muscab Partai Demokrat, kata AFU sapaan akrabnya, muscab IV, 13 DPC telah melalui seluruh tahapan penjaringan bakal calon sesuai ketentuan Partai, dimana sebanyak 26 kader dari 13 Kabupaten/Kota mendaftar dalam penjaringan Ketua DPC Demokrat.

Di hadapan para anggota Muscab serentak DPC se-Papua Barat, Abdul Faris Umlati mengatakan bahwa Muscab se-Papua Barat juga menjalankan roda organisasi dan kerja partai dalam melaksanakan tahapan pemilihan legislatif dan verifikasi partai untuk memenangkan pemilu presiden yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dengan suara lantang, Ketua DPD Partai Demokrat itu meneriakkan yel-yel Partai Demokrat akan sukses di Pemilihan Umum Presiden dengan mengusung Ketua DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada akhir sambutannya, AFU mengimbau dalam Muscab berlangsung yaitu memilih kader Ketua DPC, "Siapapun yang terpilih itulah yang terbaik dan harus didukung semua anggota, sebab dalam pemilihan ini, semua menang dan tidak ada yang kalah, karena ketua terpilih harus bergandengan tangan untuk membesarkan Partai Demokrat agar selalu dicintai masyarakat," tegas AFU.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku memberikan selamat atas terselenggaranya Muscab IV se-Provinsi Papua Barat.

Hasil Muscab masih berlangsung, hasil Muscab DPC di bawa ke Jakarta harus melewati fit dan propertest dari tim 5 yang terdiri dari DPP, DPD yang juga punya hak suara, kemudian diputuskan DPP dari masing-masing 13 DPC Kabupaten/Kota di Papua Barat. (Jos)

Editor : Js