Header Ads Widget

Jaga Ekosistem Laut, Yonif 10 Marinir/SBY Tanam Bibit Mangrove

Foto : Danyonif 10 Marinir/SBY, Letkol Mar Briand Prang saat menanam mangrove di Batam Center. (dok/hum)

Batam, JejakSiber.com - Dalam rangka memperingati Hari Mangrove sedunia serta menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY ikut berpartisipasi penanaman mangrove serentak bertempat di Pantai Kampung Belian, Batam Center, Kota Batam, Selasa (26/7/22).

Kegiatan ini dilaksanakan terpusat di Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga, Banten yang dibuka langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono dan diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia dengan mengambil tema "THE MANGROVE SAVE OUR EARTH"

"Dengan semangat hari mangrove sedunia kita tumbuhkan mangrove di 77 titik jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia," demikian pesan dari Yudo Margono.

Pada kesempatan itu, Danyonif 10 Marinir/SBY, Letkol Mar Briand Prang mengungkapkan bahwa rangkaian penanaman pohon mangrove ini juga sebagai kegiatan pembinaan potensi maritim.

Ekosistem mangrove yang memiliki peran penting bagi lingkungan sehingga aksi nyata bersama untuk saling menjaga ekosistem mangrove dari kerusakan, mengingat manfaat yang diberikan oleh ekosistem pesisir ini.

"Kami berharap tanaman mangrove ini dapat tumbuh subur dan menjaga ekosistem di laut agar berkembangbiak dengan baik, selain itu berfungsi sebagai penahan laju abrasi dan habitat flora dan fauna," kata Briand Prang.

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini, kata Briand Prang juga selaras dengan instruksi dan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, "Yakni menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI Angkatan Laut dimana pun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar," tutup Danyonif 10 Marinir/SBY itu. (Js)

Editor : Red