Header Ads Widget

Danyonif Marinir 10/SBY Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Bawah Laut

Foto : Danyonif Marinir 10/SBY, Letkol Marinir Briand Prang sebelum terjun ke dalam laut untuk memimpin upacara pengibaran bendera bawah laut. (dok/Js/Rn)

Batam, JejakSiber.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun, Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha memimpin upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut kedalam kurang lebih 12 meter.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama personil gabungan dari Yonif Marinir 10/SBY, Lanal Batam, Lanud Hang Nadim, Satbrimob Polda Kepri, Polairud Polda Kepri, Bea Cukai, PSDKP, Damkar, Labun Diving, PT. Bias, Komunitas Speak Fishing serta masyarakat setempat di Pulau Labun Barelang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Rabu (17/8/22).

Sebelum melaksanakan pengibaran bendera merah putih di dalam air, para personil penyelam gabungan yang berjumlah 45 orang dilakukan pengecekan tensi untuk memastikan kondisi kesehatan peserta.

Danyonif Marinir 10/SBY, Letkol Marinir Briand Prang mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 titik Nusantara.

"Kita melaksanakan kegiatan ini sesuai arahan dari Bapak KASAL dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia," kata Briand Prang.

Usai pengibaran bendera di bawah laut, Briand Prang mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan momen yang indah dan heroik saat berada di bawah laut.

Foto : Danyonif Marinir 10/SBY bersama Danlanal Batam usai melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut. (dok/Js/Rn)

"Di tempat dan habitat yang tidak biasanya kita hadapi, disana ada kibaran bendera merah putih, momen seperti ini rasanya seperti atlit yang harus mendapat medali emas dari luar negeri, jadi tidak salah pimpinan kita dan negara ini yang selalu fokus mengedepankan rasa nasionalisme," ujar Briand Prang sambil terapung bersama Danlanal Batam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danyonif Marinir 10/SBY, Danlanal Batam, Kepala Bea Cukai Batam diwakili oleh Kepala Seksi Penyidikan Kantor Bea Cukai Batam, Perwakilan PT. Indo Asean, Perwakilan PT. SMBB, Perwakilan Planet Holiday Hotel, Perwakilan PT. LLS, Perwakilan PT. Panbil, Perwakilan PT. Aku Steel Enginering, Perwakilan Windsor Foodcourd, Perwakilan PT. Anugerah Sapa Energi, Perwakilan PT. Easpect, Perwakilan Beverly Hotel, Perwakilan PT. Batam Usaha Jaya Utama dan Perwakilan PT. Central Raya Grup.

Upacara pengibaran bendera dibawah laut tersebut berlangsung dengan hikmat dan seluruh personil kembali naik ke darat dalam keadaan sehat dan selamat. (Js/Rn)

Editor : Red