Header Ads Widget

Frengky Umpain : 'Hadirnya Negara di Papua, Solusi Atasi Berbagai Masalah'

Foto : Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat, Frengky Umpain. (dok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat, Frengky Umpain menegaskan, hadirnya negara di Papua adalah solusi atasi berbagai masalah di Papua.

Pernyataan itu disampaikan ketika berbincang dengan awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Sabtu (13/8/22).

Dikatakan ada alasan mendasar mengatakan bahwa hadirnya negara di Papua untuk mengatasi berbagai masalah, karena dilihat, "Awalnya kemerdekaan orang Papua sejatinya menumbuhkan rasa saling percaya antara negara dan warga negara yang berada di Papua," kata Frengky kepada awak media ini.

Kemudian lebih lanjut disampaikan, "Orang Papua berdaulat atas sumber daya alam yang berada di atas tanah Papua dan kemandirian orang Papua agar tidak ada lagi ketergantungan kepada pemerintah pusat, terutama dalam kebijakan regulasi yang bersifat nasional, Papua dijadikan zona harum terhadap ketertinggalan, ketidakberdayaan dan kebodohan," pungkasnya.

Saat ini kata Frengky Umpain, kemerdekaan yang dipahami oleh orang Papua adalah kebebasan, tentu kebebasan ada dalam player kehidupan sosial masyarakat, tetapi untuk bangkit dan pulih lebih cepat sesuai thema HUT proklamasi 17 Agustus 2022, yakni "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat"

"Namun kehidupan orang Papua terbelunggu oleh instrument pemerintah yang tumpang tindih dengan regulasi di tanah Papua yang secara sistemik telah membuat Papua tidak mampu bangkit dan pulih lebih cepat," ujar Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat itu.

Menurut Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat itu, momentum kemerdekaan RI ke-77 ini, diharapkan dapat mendorong semangat juang nasionalisme sebagai alat pemersatu untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Papua, "Hadirnya negara di Papua adalah solusi mengatasi berbagai masalah di Papua," tutup Frengky Umpain. (Jos)

Editor : Js