Header Ads Widget

Ikut Kibarkan Bendera Bawah Laut, Hari Kusuma : 'Merah Putih Harus Berkibar di Semua Tempat'

Foto : Komandan Batalyon Infanteri Marinir 10/Satria Bhumi Yudha, Letkol Marinir Briand Prang bersama Kepala Seksi Penyidikan Kantor Pelayanan Bea Cukai Batam, Hari Kusuma sesaat sebelum terjun ke dasar laut. (dok/Js)

Batam, JejakSiber.com - Upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri Marinir 10/Satria Bhumi Yudha, Letkol Marinir Briand Prang turut melibatkan tim penyelam dari Kantor Pelayanan Bea Cukai Batam, bertempat di Pulau Labun, Kecamatan Galang, Kota Batam, Rabu (17/8/22).

Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) secara virtual.

Foto : Tim penyelam dari Bea Cukai Batam usai melaksanakan pengibaran bendera merah putih di dasar laut. (dok/Js)

Danyonif Marinir 10/SBY selaku Inspektur Upacara mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah, instansi swasta, TNI-Polri serta masyarakat sipil atas partisipasinya dalam melaksanakan pengibaran bendera dibawah laut tersebut. 

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah harian bapak KASAL untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 titik Nusantara," kata Briand Prang sembari mengucapkan yel-yel yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Briand Prang juga menegaskan agar seluruh rakyat Indonesia dapat menghormati apa yang telah diperjuangkan oleh pendahulu bangsa ini, yang membuat kita mampu bernafas lega hari ini, mampu berkarya lebih besar.

"Memang ini inisiasi dari pimpinan Angkatan Laut, menunjukkan bukti nyata bahwa kita memiliki rasa cinta tanah air, dan menghargai kemerdekaan yang sudah di raih bangsa ini 77 tahun yang lalu, tetapi semua itu hanya bisa kita kerjakan bersama-sama, dengan indahnya waktu yang kita kerjakan pada kegiatan hari ini, warnanya kita berbeda-beda, melaksanakan hal yang pasti kita sukai, disenangi, berbeda, tapi tujuannya sama," tegasnya.

Adapun yel-yel yang disampaikan yaitu, "NKRI - Harga Mati, Indonesia - Merdeka" dengan mengepalkan tangan di dada dan mengangkat kepalan tangan saat mengucapkan Merdeka.

Saat dimintai awak media tanggapan usai melaksanakan pengibaran bendera dibawah laut, Kepala Seksi Penyidikan Kantor Pelayanan Bea Cukai Batam, Hari Kusuma sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Batalyon Infanteri Marinir 10/SBY itu.

"Kita semakin merasa bahwa merah putih itu harus berkibar di semua tempat yang akan merasakan kemerdekaan hidup, dengan rasa bangga dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi," ujar Hari Kusuma. (Js)

Editor : Red