Header Ads Widget

Buka Penerimaan Maba, Simak Prosedur Pendaftaran dan Keuntungan Kuliah di Unrika

Foto : Gedung kampus Universitas Riau Kepulauan, Batu Aji, Kota Batam. (dok/ist/Js)

Batam, JejakSiber.com - Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam dengan motto "Unggul, Kreatif, dan Mandiri" kembali membuka penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) jenjang Sarjana (S-1) dan Pascasarjana (S-2) Tahun Akademik (TA) 2023/2024 dengan berbagai Program Studi (Prodi) dan berbagai keuntungan.

Pendaftaran dibagi menjadi 3 (tiga) gelombang, yaitu gelombang pertama sejak 1 Januari 2023 sampai 31 Maret 2023 (gratis biaya pembangunan 100%), gelombang kedua pada 1 April 2023 hingga 30 Juni 2023 (diskon biaya pembangunan sebesar 50%), dan gelombang ketiga pada 1 Juli 2023 hingga 31 Agustus 2023 (biaya administrasi normal).

Unrika yang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E., M.M. itu memiliki 5 (lima) Fakultas untuk jenjang Sarjana, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Untuk jenjang Pascasarjana tersedia 2 (dua) Program Studi, yakni Magister Manajemen dan Magister Hukum.

Disamping itu, Unrika juga menyediakan berbagai program beasiswa untuk jenjang S-1, yakni Beasiswa KIP, Beasiswa Yayasan, Beasiswa Full (100%) Hafiz Quran dan Prestasi Tingkat Nasional, serta Potongan SPP 50% Prestasi Tingkat Provinsi. Juga menyajikan 3 (tiga) metode pembelajaran, antara lain Kelas Reguler/Offline (metode belajar dengan tatap muka), Blanded Learning/Campuran, dan Kelas Shift (metode belajar menyesuaikan dengan jam kerja "syarat dan ketentuan berlaku")

Adapun prosedur pendaftaran Maba di Unrika yaitu;

1. Pengisian formulir pendaftaran online

- Akses ke laman website: https://siakad.unrika.ac.id

- Mengisi biodata dan meng-upload persyaratan yang diperlukan

2. Membayar biaya pendaftaran

- Biaya pendaftaran Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)

- Transfer ke rekening BRI: 0331-01-002510-30-5 atas nama Universitas Riau Kepulauan

3. Mencetak formulir pendaftaran online dan menyiapkan nomor registrasi pendaftaran

4. Ujian masuk

- Login menggunakan nomor registrasi pendaftaran link: https://siakad.unrika.ac.id

- Menerima informasi ujian dari panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

5. Pengumuman kelulusan daftar ulang dan evaluasi berkas

6. Menerima Nomor Pokok Mahasiswa (NPM)

Selanjutnya, untuk proses daftar ulang dan verifikasi berkas, yaitu;

1. Melakukan pembayaran registrasi biaya studi, (Biaya Perlengkapan, Biaya Pembangunan, dan SPP Semester)

2. Menyerahkan berkas pendaftaran mahasiswa baru ke panitia PMB Universitas Riau Kepulauan

- 2 lembar formulir pendaftaran online

- 2 lembar fotocopy KTP/Paspor

- 2 lembar fotocopy KTP orang tua/Kartu Keluarga

- 2 lembar fotocopy ijazah terakhir legalisir asli

- 2 lembar Surat Keterangan Lulus Sekolah (bagi yang belum memiliki ijazah)

- 2 lembar materai 10.000

- Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi asal (khusus untuk mahasiswa pindahan/konversi)

- Transkrip Nilai Terakhir dari Perguruan Tinggi asal (khusus untuk mahasiswa pindahan/konversi)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi panitia PMB Unrika melalui nomor telepon atau WhatsApp 0822-8801-5900 atau datang langsung ke Sekretariat PMB Unrika di Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Kota Batam yang buka setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-21.00 WIB, Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB.

Salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan, Eduard Brahmana menyebutkan bahwa kuliah di Unrika itu memiliki berbagai keunggulan dengan dibimbing oleh beberapa tenaga pengajar (Dosen) bergelar Doktor (S-3) yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas yang mumpuni. 

"Bagi adik-adik yang baru menyelesaikan pendidikan dari jenjang SMA/Sederajat yang mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Unrika adalah pilihan tepat. Bagi bapak/ibu yang mau bekerja sambil kuliah, Unrika juga membuka ruang seluas-luasnya bagi karyawan yang bekerja di perusahaan sambil menimba ilmu," kata Eduard kepada media ini saat dimintai tanggapan selaku mahasiswa di Unrika.

Eduard Brahmana yang digadang-gadang menjadi Ketua Umum (Ketum) Himpunan Mahasiswa (Hima) Fakultas Hukum Unrika itu juga menuturkan bahwa secara khusus untuk mahasiswa yang mengambil jurusan Ilmu Hukum, Unrika menyediakan 2 gedung kampus di Kota Batam untuk proses belajar mengajar setiap harinya.

"Untuk wilayah Batu Ampar, Bengkong, Batam Kota, Lubuk Baja, dan Nongsa, tidak mesti masuk kampus di Batu Aji, karena Unrika juga menyediakan gedung kampus di Batam Centre persisnya di belakang KFC GELAEL, sedangkan yang berdomisili di seputaran Tiban, Sekupang, Batu Aji, dan Tanjung Piayu, bisa berkampus di Batu Aji, persisnya dekat makam pahlawan," tutur Eduard Brahmana, Kamis (17/2/23).

Lebih lanjut kata Eduard, saat ini Unrika memiliki akreditasi B dan besar kemungkinan kedepan program-program yang telah dipersiapkan setiap fakultas mudah-mudahan bisa mendorong untuk bisa menjadi akreditasi Unggul.

"Saat ini Fakultas Hukum Unrika juga sudah menyediakan bagi yang ingin melanjutkan sampai jenjang Pascasarjana (S-2), yang mana para dosen yang mengajar rata-rata memiliki kemampuan akademisi yang tidak diragukan lagi. Setiap lulusan Unrika juga mampu berdaya saing dengan lulusan dari Universitas lainnya, mari ajak anak atau keluarga maupun temannya untuk segera mendaftarkan diri ke Unrika," tutup Eduard.

Unrika adalah Universitas swasta pertama di Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam yang berdiri sejak tahun 1993 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Batam. (Js)

Editor : Red