Header Ads Widget

Diduga Namanya Tercatat Sebagai Sekretaris DPC PBB Kota Batam di Kesbangpol, AH Enggan Berkomentar

Foto : Ilustrasi, Screenshot banner Ucapan Selamat Hari Bhayangkara dari Keluarga Besar Pemuda Batak Bersatu DPC Kota Batam yang dilengkapi dengan gambar dan nama Pengurus (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara). (dok/ist/pemudabatakbersatu.or.id)

Batam, JejakSiber.com - Mencuatnya polemik yang terjadi di internal kepengurusan Organisasi Masyarakat (Ormas) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Batam menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, terutama dalam lingkup warga Batak yang ada di Kota Batam.

Polemik yang terjadi di tubuh Ormas DPC PBB Kota Batam tersebut adalah mengenai keabsahan jabatan Sekretaris yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepengurusan yang masuk ke Kesbangpol Batam sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan Organisasi itu sendiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Martua Susanto Manurung, S.Kom. selaku Ketua DPC PBB Kota Batam mengatakan kepada media ini bahwa berdasarkan SK Kepengurusan yang ada, Sekretaris DPC PBB Kota Batam adalah Adolf Hutapea.

"Syarat untuk mendaftarkan Kesbangpol adalah SK Organisasi, SK yang ada di kita yang kita berikan kepada Kesbangpol. Sedangkan Donald belum ada SK-nya, belum di keluarkan oleh DPD, maka saya menggunakan SK atas nama Adolf Hutapea, nantinya SK atas nama Donald keluar, baru lah diberikan perubahan," jelas Martua kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Senin (27/3/23).

Menanggapi hal itu, Donald Sirait mengaku sebagai Sekretaris DPC PBB Kota Batam berdasarkan hasil pelantikan Pengurus DPC PBB Kota Batam yang berlangsung di Pasifik Food Court, Jodoh beberapa waktu lalu dengan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu, Lambok F. Sihombing, S.Pd.

"Andaipun Ketua DPC berargumen sesuai SK, kan ada Wakil Sekretaris di SK itu, jadi kenapa bukan Wakil Sekretaris yang menandatangani?, kenapa harus mantan Sekretaris yang jelas-jelas sudah mengundurkan diri jauh sebelum pengajuan proposal Kesbangpol?," ujar Donald sembari bertanya saat dikonfirmasi awak media ini lewat pesan WhatsApp, Rabu (29/3/23).

Disisi lain, Adolf Hutapea yang namanya turut disebut-sebut dalam polemik tersebut enggan memberikan komentar saat dikonfirmasi awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Rabu (29/3/23). Bahkan, hingga berita ini diterbitkan, pesan konfirmasi yang sudah terkirim dengan tanda centang 2 belum direspon oleh Adolf Hutapea.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun media ini dari salah satu yang mengaku sebagai bagian dari Pemuda Batak Bersatu Kota Batam, bahwa sejauh sepengetahuannya yang menjabat sebagai Sekretaris DPC PBB Kota Batam adalah Donald Sirait.

"Selama ini yang kita ketahui setelah pelantikan, Sekretaris DPC PBB Kota Batam itu ya Donald Sirait," kata Tarigan yang dikenal dengan sapaan Morgan Tarigan saat dihubungi awak media ini melalui panggilan WhatsApp, Kamis (30/3/23).

Hal senada juga disampaikan oleh Jonathan Silalahi yang juga mengaku salah satu bagian dari Pemuda Batak Bersatu bahwa yang dia ketahui sebagai Sekretaris DPC PBB Kota Batam adalah Donald Sirait.

"Sekretaris DPC PBB Kota Batam itu Donald Sirait versi yang pelantikan, tapi versi berdasarkan SK lama DPC itu, sepengetahuan saya itu Adolf Hutapea, tapi di waktu pelantikan sudah keluar nama-nama di SK baru, tapi belum ditandatangani," kata Jonathan Silalahi saat dihubungi secara terpisah melalui panggilan WhatsApp, Kamis (30/3/23).

Disamping itu, Jonathan Silalahi menyayangkan sikap dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, yang mana setelah sebelumnya SK Kepengurusan DPD PBB Provinsi Kepri yang saat itu diketuai oleh Mitra Sianipar, hingga kini belum ada tindak lanjut dari DPP terkait kepemimpinan PBB di tingkat Provinsi Kepri.

"Organisasi ini sekarang dijalankan tanpa Ketua dan dianggap bodong yang DPD Kepri, karena setelah keluarnya surat pembekuan yang sudah mau berjalan selama hampir 4 bulan, tidak ada keputusan apapun untuk DPD Kepri, setelah dibekukan DPD, tidak ada sampai hari ini keputusan yang valid secara hirarki yang diberikan oleh DPP," pungkas Jonathan Silalahi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, SK Kepengurusan DPC PBB yang masuk ke Kesbangpol Kota Batam adalah SK dengan Nomor : 001/DPD-PBB/SKEP/VIII/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PBB Provinsi Kepri [non aktif], Mitra Sianipar tertanggal 15 Agustus 2020. (Jamaluddin)

Editor : Js