Header Ads Widget

JMSI Kepri Ajak Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Foto : Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar Pelajar dan Mahasiswa. (dok/ist/Js)

Batam, JejakSiber.com - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Kepri menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar serta Lomba Karya Tulis untuk tingkat Pelajar dan Mahasiswa 2023 yang berlangsung selama 2 (dua) hari berturut-turut, tepatnya pada Selasa (16/5/23) hingga Rabu (17/5/23)

Kegiatan yang diselenggarakan di King's Hotel, Seraya Atas, Lubuk Baja, Kota Batam itu dibuka langsung secara resmi oleh Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna serta diisi oleh 5 (lima) orang pemateri yang berpengalaman dan kompeten dalam dunia Jurnalistik.

Salah satu pemateri, Slamet Widodo yang merupakan mantan Ketua Asosiasi Jurnalis Indonesia (AJI) Kota Batam mengisahkan perjalanan seorang Wartawan dalam menjalankan profesi jurnalis yang penuh tantangan.

"Dulunya Wartawan itu sering sekali dibrendel atau didiskriminasi oleh sekutu dalam menjalankan profesi jurnalis nya, namun seorang Wartawan itu harus tetap berani dalam memberitakan sebuah peristiwa sesuai fakta dan realita," ujar Slamet Widodo.

Dedy Suwadha, S.Pd. yang merupakan CEO Media wartakepri.co.id menjelaskan tips dan metode penulisan sebuah berita produk jurnalis yang tepat dan diminati pembaca.

"Berita adalah fakta, maka dalam menulis sebuah berita, kita harus memperhatikan dua fakta, yaitu fakta empiris dan fakta opini," kata Dedy yang juga merupakan Wakil Ketua PWI dan juga Penasehat JMSI Kepri itu saat menyampaikan materi dihadapan peserta pelatihan.

Ditempat yang sama, Ketua JMSI Kepri selaku penyelenggara kegiatan menuturkan bahwa acara itu dilaksanakan dengan mengundang 5 Universitas dan 5 Sekolah tingkat SMA/SMK yang ada di Kota Batam.

"Kita menargetkan 50 peserta dari Pelajar dan Mahasiswa dalam kegiatan ini, dengan harapan kedepannya para peserta bisa mengembangkan bakat dalam menulis dan tulisannya dapat diterbitkan di media massa," ujar Eddy Supriatna yang akrab disapa Edy Gondrong kepada JejakSiber.com.

Edy memaparkan, selesai kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar, para peserta akan mengikuti lomba karya tulis yang akan dinilai oleh panitia dan akan diberikan hadiah bagi peserta yang karya tulisnya mendapatkan nilai tertinggi.

"Kita akan berikan hadiah nanti bagi peserta yang hasil karya tulisnya paling tinggi sesuai dengan hasil penilaian dari panitia," pungkasnya. (Js)

Editor : Red