Header Ads Widget

Pastikan Aktivitas Aman, Iptu Ihot Tampubolon Akan Pasang CCTV di Kawasan Pelabuhan

Foto : Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Polresta Sorong Kota, Iptu Ihot RP Tampubolon, S.H., M.H. (dok/Jos/ist)

Sorong, JejakSiber.com - Setelah resmi menjabat sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Polresta Sorong Kota, per 14 Agustus 2023 lalu, langkah awal yang dilakukan oleh Iptu Ihot RP Tampubolon, S.H., M.H. adalah membangun koordinasi dan komunikasi kepada stakeholder yang ada, diantaranya KSOP, PT. Pelindo Regional 4 Sorong, PT. Pelni, juga pihak Bea dan Cukai serta pihak pihak lain baik instansi pemerintah maupun swasta dan juga warga masyarakat.

"Awal saya bertugas sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong ini, pertama saya langsung menemui para pejabat yang ada di lingkungan kawasan pelabuhan, hal itu saya lakukan sebagai langkah awal untuk menjalin hubungan komunikasi dalam menjalankan tugas, agar kerja sama kedepannya dapat berjalan baik, sekaligus sebagai perkenalan diri saya," ujar Iptu Ihot Tampubolon saat berbincang-bincang dengan awak media ini di ruang kerjanya, Senin (4/9/2023).

Menurut Iptu Ihot Tampubolon, membangun hubungan kerja sama dengan stakeholder yang ada sangatlah penting, "Karena Sorong merupakan pintu gerbang Papua Barat Daya, Papua Barat dan Papua, sehingga perlu penanganan serius dan sangat dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak," pungkasnya.

Dikisahkan Iptu Ihot Tampubolon, awal bertugas sebagai anggota Polri, ia ditempatkan di Sorong, kemudian dipindahkan ke Polda Papua Barat, dan sekarang menjadi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong Polresta Sorong Kota.

Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong membawahi 5 Pelabuhan diantaranya, Pelabuhan Kontainer (Pelabuhan penumpang), Pelabuhan Usaha Mina, Pelabuhan Perikanan, Pelabuhan Rakyat termasuk Pelabuhan Jembatan Puri yang merupakan pelabuhan ikan terbesar di Papua Barat Daya, tempat transaksi jual beli ikan oleh masyarakat.

"Pelabuhan jembatan puri itu masuk pada wilayah kerja Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong. Pada prinsipnya, semua pejabat yang telah saya kunjungi mendapat apresiasi serta respon yang baik dan juga mendukung kerja sama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan Sorong," ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong itu.

Selain membangun hubungan kerja sama dengan instansi terkait, Iptu Ihot Tampubolon menyebutkan bahwa peran personil Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong yang berjumlah 21 orang juga merupakan garda terdepan dalam mengawasi keluar masuknya barang pasa setiap kapal di Pelabuhan Sorong.

"Baik kapal masuk maupun kapal keluar, personil kita akan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya dalam mencegah adanya barang barang ilegal yang tidak memiliki ijin atau tidak sesuai dengan manifes. Saya sudah tempatkan personil di lima pos wilayah tugas Polsek Kawasan Pelabuhan," jelas Iptu Ihot Tampubolon.

Rencana Pemasangan CCTV

Untuk memantau segala aktivitas masyarakat yang ada di beberapa pelabuhan kecil, seperti pelabuhan rakyat dan pelabuhan jembatan puri, Polsek Kawasan Pelabuhan berencana akan memasang CCTV.

Hal itu dilakukan berdasarkan beberapa laporan masyarakat, bahwa sering terjadi pencurian ikan dan aksi copet di kawasan pelabuhan tersebut.

"Khusus di Kantor kita, (Kantor Polsek_red) kita akan pasang layar monitor, agar personil kita dapat memantau aktivitas masyarakat. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar rencana ini dapat terwujud," ucapnya.

Selanjutnya, agenda Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong akan melakukan pertemuan dengan warga secara rutin bertajuk "Jumat Curhat" guna mendengarkan keluhan dan aspirasi warga secara langsung, apa yang menjadi curahan hati warga setiap minggunya.

"Jumat curhat ini kita sudah lakukan dua minggu lalu di pelabuhan jembatan puri," tutur Iptu Ihot Tampubolon mengakhiri bincang bincang nya dengan awak media ini. (Jos)

Editor : Js