Header Ads Widget

Pelantikan Pengurus PAC PBB Lubuk Baja Beserta Ranting Jajaran Periode 2023-2026

Foto : Panglima DPC PBB Kota Batam, Petra Panjaitan didampingi beberapa jajaran pengurus DPC PBB Kota Batam menyerahkan SK Kepengurusan PAC PBB Lubuk Baja kepada Hery Gondo Siregar yang diikuti oleh jajarannya. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Pelantikan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Lubuk Baja yang diketuai oleh Hery Gondo Siregar beserta seluruh Pengurus Ranting jajaran se-Kecamatan Lubuk Baja periode 2023-2026. Kegiatan itu diselenggarakan di Aula HKBP Lubuk Baja, Minggu (26/11/23).

Adapun para Ketua Ranting jajaran PAC Lubuk Baja yang ikut dilantik yaitu, Ketua Ranting Baloi Indah, Gonop Sitanggang, Ketua Ranting Batu Selicin, Manapin Siahaan, Ketua Ranting Kampung Pelita, Ebenezer Situmorang, dan Ketua Ranting Lubuk Baja Kota, Maringga Sinaga.

Pada acara pelantikan yang mengangkat tema "Semakin Maju dan Tetap Solid dalam Bersosial dengan Satu Rasa Satu Jiwa" itu, terkesan tampil beda dengan pelantikan Pengurus Organisasi pada umumnya.

Pasalnya, yang melantik Ketua PAC PBB Lubuk Baja, Hery Gondo Siregar beserta jajaran pengurus lainnya yang baru, bukan Ketua DPC PBB Kota Batam, melainkan dilantik oleh Panglima DPC PBB Kota Batam, Petra Panjaitan.

Kepada media ini, Panglima DPC PBB Kota Batam menjelaskan bahwa tindakan yang diambil untuk melantik Pengurus PAC PBB Lubuk Baja itu sebagai bentuk kepedulian, dan demi berlangsungnya acara yang sudah berjalan.

"Artinya kan kemaren rapat pun di Batu Selicin kan dia (Ketua DPC PBB Kota Batam_red) ikut juga mensahkan kemarin. Sudah mengetahuinya semua, dan undangan sudah jauh sebelum hari H pun sudah dikasih sama dia, saya dengar dari Sekretaris kan," jelas Petra Panjaitan melalui panggilan WhatsApp.

"Jauh sebelumnya kan beliau sudah tahu ini, tapi tak tahu kemana beliau, entah di Batam, entah dimana gak tau juga kan. Bagaimana lagi mau saya bilang ya, ketimbang PAC Lubuk Baja sudah membuat acara, sudah share undangan, mau gimana lagi?," ujar Petra Panjaitan sembari bertanya.

"Yang menandatangani SK pun Waka, beliau pun berhalangan hadir karena kerja, Sekretaris pun berhalangan hadir karena kerja," pungkasnya mengakhiri pembicaraan dengan media ini melalui panggilan WhatsApp pribadinya, Senin (27/11/23).

Sementara itu, saat dikonfirmasi media ini via pesan WhatsApp, Wakil Ketua DPC PBB Kota Batam, Robinson Sinaga mengatakan bahwa hal itu terjadi karena adanya mis komunikasi.

"Ini semua terjadi setelah panitia pelantikan, Ketua terpilih dan Sekretaris DPC Kota Batam menghadap ke rumah Ketua DPC, untuk meminta tanda tangan SK dan memberikan undangan pelantikan, namun hasilnya ketua tidak mau untuk tanda tangan, sesuai info dari Sekretaris DPC Kota Batam," jelas Robinson Sinaga kepada media ini.

Dikonfirmasi media ini, apakah ada pendelegasian kepada Panglima DPC PBB Kota Batam untuk melantik Pengurus PAC PBB Lubuk Baja, Ketua DPC PBB Kota Batam, Martua Susanto Manurung, S.Kom. menyebutkan bahwa ia tidak ada memberikan delegasi.

"Apa boleh panglima melantik??, Siapa yang tanda tangan SK nya, tidak ada delegasi, saya tidak mau menyalahkan, tapi apa benar pelantikan di buat SK belum ada, apa bila ada SK siapa yang tanda tangan," jawab Martua lewat pesan WhatsApp nya.

Disisi lain, Ketua PAC PBB Lubuk Baja terpilih, Hery Gondo Siregar menyebutkan bahwa pelantikan bukanlah menjadi sebuah penentu sah atau tidaknya struktural kepengurusan dalam sebuah organisasi.

"Salam sejahtera bagi kita semua, pelantikan untuk satu fungsionaris organisasi adalah seremonial, eforia, tentu bukan itu penentu dari sah atau tidaknya satu kepengurusan, yang menentukan adalah pengesahan dari Ketua setingkat di atas dari struktur kepemimpinan organisasi tersebut," jelas Hery Gondo Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Ranting Baloi Indah.

"Pada kesempatan ini, saya Ketua PAC PBB Lubuk Baja yang disahkan oleh Ketua DPC PBB Kota Batam, Martua Susanto Manurung pada tanggal 5 November 2023 dengan ketuk palu, tentunya berharap, kami di Lubuk Baja tetap solid dan bergerak, tetap satu langkah paling depan, terima kasih," kata Hery Gondo Siregar kepada media ini.

Dari pantauan media ini ini saat acara pelantikan pengurus PSC PBB Lubuk Baja beserta seluruh pengurus Ranting jajarannya itu, para anggota maupun pengurus PBB yang ada terlihat antusias, bahkan tampak hadir beberapa jajaran pengurus dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PBB Provinsi Kepri beserta beberapa PAC lainnya yang ada di Kota Batam. (Js)

Editor : Red