Header Ads Widget

Gubernur Jawa Timur Buka Peresmian Tokko Semesta

Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa. (dok/Ningsih)

Surabaya, jejaksiber.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turut mengukuhkan peluncuran TOKKO Semesta di hotel Windham Surabaya, Sabtu (20/11/21).

TOKKO merupakan aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan online beneran dengan memaksimalkan produk dan layanannya.

Gubernur Khofifah mengatakan, jika melihat index keuangan inklusi di Jatim saat ini sudah mencapai 92%, sementara literasi digital di Jatim 10% di atas rata-rata nasional, artinya TOKKO semesta jika ingin menggerakkan lagi ke digital, ekosistemnya relatif sudah terbangun, penguatan penguatan akses, penguatan skill, dan semangat baru, rasanya kebangkitan UMKM akan lebih kuat lagi.

"Terima kasih TOKKO semesta, karena pada dasarnya 57,25% PDRB Jatim itu dari UMKM, dengan hadirnya penguatan seperti ini, rasanya pelaku UMKM bisa makin confidence, bahwa besok harapan mereka bisa lebih besar, lebih baik," kata Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengucapkan selamat datang TOKKO Semesta di Jawa Timur, serta mengajak untuk merangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia.

Pergerakan UMKM dalam memanfaatkan platform digital sudah semakin tinggi, namun harus didukung oleh kompetensi dan kemampuan membangun komunikasi dengan pelanggan, serta memperluas jaringan penjualan agar setiap pelaku usaha dapat terus bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth TOKKO mengatakan, Pandemi memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, kebutuhan untuk go-digital sudah menjadi keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, kami memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan.

"Untuk itu, dengan berbagai pendampingan yang didapatkan di TOKKO Semesta, UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnisnya," ujarnya.

Fandy Silalahi, VP of Community & Merchant Success TOKKO menambahkan, sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, TOKKO Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya.

"Kami berharap dapat mendorong kemajuan ribuan UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di TOKKO Semesta. Hingga saat ini, kami telah melakukan pendampingan pada lebih dari 40 komunitas UMKM di Surabaya, dan kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan pendampingan ini ke seluruh wilayah di Jawa Timur untuk mendukung langkah sukses usaha mereka," terangnya.

Sekadar tahu, peluncuran TOKKO Semesta di Surabaya ini, menyusul kesuksesan TOKKO Semesta Bandung yang diluncurkan lebih dulu pada Oktober 2021 lalu.

TOKKO Semesta hadir memperkuat komitmen TOKKO untuk mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM dan tersedia secara online maupun offline.

TOKKO sebagai aplikasi untuk membuat website resmi toko online untuk para UMKM, berbeda dari platform jualan online lainnya, memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka, membantu mereka untuk membangun brandnya, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara ‘Jualan Online Beneran’. Saat ini TOKKO telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth TOKKO dan Fandy Silalahi, VP of Community & Merchant Success TOKKO. (dok/Ningsih)

TOKKO Semesta juga menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha UMKM seperti teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan penentuan target pasar dan iklan digital, meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk, dan masih banyak lagi. Disamping mendapatkan pelatihan dan pendampingan, merchant TOKKO juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur TOKKO Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak demi mengembangkan bisnis onlinenya melalui solusi pemasaran digital yang terintegrasi.

Dalam acara peluncuran TOKKO Semesta Surabaya ini, para pelaku usaha di Jawa Timur diundang untuk mendapatkan mentoring dari pebisnis sukses seperti Masterchef Deasy, pemilik usaha sambal legendaris Surabaya Bu Rudy, Lany Siswadi, dan Edho Zell pegiat sosial media yang juga memiliki usaha kuliner seperti Nyapii.id dan Warteggratis. Para pebisnis sukses ini akan berbagi kisah bagaimana mengatasi tantangan usaha seperti mengintegrasikan usaha offline dan online, pentingnya pemasaran digital untuk mendongkrak penjualan, serta manajemen customer. (Ningsih)

Editor : Js