Header Ads Widget

Wabup Dampingi Bupati Rohil Tinjau Drainase dan Bersihkan Saluran Air Bersama Kadis DLH

Foto : Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H. Sulaiman saat membersihkan saluran air. (dok/Panca)

Rohil, jejaksiber.com - Apel Kamis bersih, secara langsung dipimpin oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong yang di gelar di depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kamis (4/11/21).

Apel tersebut di ikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari berbagai unsur baik dari Pemerintah Daerah, Ormas, OKP, BUMD dan TNI-Polri.

Usai melepas peserta, Bupati bersama Wakil Bupati H. Sulaiman kemudian melakukan pengecekan kondisi drainase dan membersihkan lumpur serta sampah yang memadati saluran air.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Suwandi selaku penanggung jawab kegiatan Kamis bersih mengatakan, dalam program itu, sebanyak 300 peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok.

"Setiap kelompok akan membersihkan saluran air yang telah ditentukan sebelumnya," kata Suwandi.

Suwandi menuturkan, adapun beberapa lokasi yang akan dilakukan pembersihan, seprti saluran air yang ada di Jalan Pahlawan menuju simpang skip, kemudian menuju sungai pabrik serta di jalan perdagangan.

Sementara itu, Bupati Rohil mengatakan bahwa program kamis bersih yang dilaksanakan bertujuan untuk membersihkan seluruh saluran air yang ada di Ibu Kota Bagansiapiapi yang selama ini mengalami pendangkalan dan tertumpat sampah maupun lumpur.

"Kami tentunya menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dari seluruh pihak yang hadir dalam kegiatan kamis bersih ini," ucap Afrizal Sintong.

Afrizal Sintong juga memaparkan, dengan kondisi saluran air yang mengalami penyumbatan, tentu akan mengakibatkan terjadinya banjir.

"Apalagi puncak musim penghujan akan tiba, sehingga seluruh saluran air khusus nya yang ada di Ibu Kota Bagansiapiapi harus bersih agar banjir dapat di minimalisir," pungkasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta kerjasama dari seluruh masyarakat Bagansiapiapi agar tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran air.

"Kepada masyarakat kami, buanglah sampah pada tempatnya, jangan pernah membuang sampah sembarangan, kita targetkan dalam satu bulan seluruh saluran air sudah bersih," ujar Bupati.

Lanjut Bupati, selain melaksanakan program kamis bersih, saat ini Pemerintah Daerah juga tengah melakukan normalisasi di seluruh kanal yang ada di Kecamatan Bangko.

"Kita juga sudah siapkan semua alat berat untuk beroperasi menormalisasi seluruh kanal untuk menghindari kemungkinan curah hujan yang tinggi pada bulan 12 ini. Semoga banjir ini bisa kita atasi," tutur Afrizal Sintong.

Dalam program kamis bersih itu, Bupati dan Wabup juga didampingi Sekda Rohil H. M. Job Kurniawan, Kepala BPN Rohil Rocky Soenoko, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Wadanramil 01/Bangko Kapten Inf. Tayung serta unsur lainnya. (Panca Sitepu)

Editor : Bob