Header Ads Widget

Diduga Tidak Profesional, Oknum BPKep Suak Temenggung Jadi Sorotan

Foto : Kantor BPK Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rohil. (dok/Hdk)

Rohil, jejaksiber.com - Sistem pengawasan yang dijalankan oleh Badan Pengawasan Kepenghuluan (BPKep) di Desa Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, diduga kuat tidak profesional saat bekerja.

Pasalnya, pihak BPKep Desa Suak Temenggung tidak menunjukkan sikap transparansi terhadap publik terkait dengan pengawasan di wilayah Kepenghuluan tersebut saat dikonfirmasi Wartawan media ini, Kamis (27/1/22).

Berdasarkan keterangan dari pihak BPKep, secara singkat mengatakan, bahwa adapun kendala di lapangan terkait dengan kegiatan yang dijalankan oleh pihak Desa, diarahkan untuk melakukan konfirmasi langsung kepada pihak yang bersangkutan, yakni Penghulu, maupun Tim Pelaksanaan Kegiatan (TPK) nya.

"Tapi saya rasa lebih pas dan jelasnya kalau jumpa sama pengulu dan TPK nya aja langsung," jawab Ketua BPKep saat dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya.

Merasa kurang puas dengan jawaban BPKep, kemudian, awak media ini langsung melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas PMD Pemkab Rokan Hilir terkait etika dari BPKep tersebut melalui WhatsApp pribadinya.

Kadis PMD Rohil itu mengatakan bahwa setiap tupoksi harus bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing, dan mengarahkan agar awak media ini melakukan konfirmasi kepada Kabid yang bersangkutan.

"buat, berita. Tanggapan Kadis melalui Kabid. Biasa Etika Jurnalis seperti itu. Trims, tupoksi harus bertanggung jawab dgn Tugasnya," ujar Kepala Dinas PMD menjawab konfirmasi awak media ini.

Mengacu pada jawaban yang dikatakan oleh Ketua BPKep Suak Temenggung itu, dinilai kurang bersahabat dengan apa yang ditanyakan Wartawan terhadap dirinya.

Menerima jawaban itu, sehingga kuat dugaan, bahwa sistem pengawasan dari BPKep terhadap Desa Kepenghuluan Suak Temenggung dinilai cacat prosedur.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kejelasan pasti terkait sistem pengawasan yang dijalankan oleh BPKep di Kepenghuluan Suak Temenggung, karena sulitnya awak media untuk bertemu dengan pihak BPKep.

Penulis : Handoko

Editor : Js