Header Ads Widget

DPD SOMBA Sumut Dukung Pelaksanaan Perayaan Tahun Baru Batak Artia Sipahasada

Foto : Para pengurus DPD SOMBA Sumut saat melaksanakan konferensi pers. (dok/Ss)

Samosir, jejaksiber.com - Dalam menyambut Tahun Baru Batak "ARTIA SIPAHASADA" yang jatuh pada 3 Maret 2022 mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SOMBA Provinsi Sumut mendukung penyelenggaraan acara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kardon Sihotang selaku Ketua DPD SOMBA Sumut saat mengadakan rapat panitia dan konferensi pers di Kantor Sekretariat Panitia yang didampingi oleh Wakil Ketua DPD SOMBA Sumut bung Niko Sihotang, Dansatgas DPD SOMBA Sumut bung Dedey serta penasehat DPD SOMBA Sumut bung Pdm Tumbur Simanjuntak.

"Kita sangat mendukung perayaan ini, karena ini adalah sebuah terobosan baru untuk memperkenalkan warisan leluhur kita, kata Kardon yang akrab disapa bung Rex itu di Tomok, Sabtu (22/1/22).

Menurut pemilik usaha Rex Steel itu, untuk menciptakan penanggalan adalah hal yang sulit dilakukan nenek moyang terdahulu, sehingga ia menegaskan sebagai para generasi penerus si Raja Batak wajib mempertahankan agenda ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Pdm Tumbur Simanjuntak yang akrab disapa pak Juntak bahwa perayaan ini tidak ada hubungannya dengan agenda Agama tertentu, akan tetapi lebih mengarah untuk mempertahankan peninggalan warisan budaya suku Bagso Batak.

"Semoga Tahun Baru Batak kedepannya bukan hanya lagi menjadi sebatas event biasa, tetapi menjadi sebuah perayaan wajib bagi orang Batak dimana pun berada, mulailah diperkenalkan kepada naposo Batak," ujar Pendiri Rumah Penabur Ministries itu. (Satria)

Editor : Js