Header Ads Widget

Tidak Lagi Kawal Ambulance di Jalan Tol, Kombes Pol Faisal : 'Terimakasih Kepada Warga Makassar'

Foto : Dirlantas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Faisal. (dok/ist)

Makassar, jejaksiber.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan melalui Dirlantas menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Makassar karena tidak lagi memakai kendaraan roda dua untuk mengawal mobil ambulance di jalan tol.

"Kalau aturan sebenarnya tidak diperbolehkan tentunya," kata Dirlantas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Faisal.

Untuk itu, Faisal menghimbau kepada warga Kota Makassar untuk ikut mensukseskan tertib berlalu lintas dan mentaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas.

Kata Dirlantas Polda Sulsel itu, alasan larangan pengendara motor sipil mengawal ambulance karena menyalahi aturan berkendara, seperti penggunaan rotator dan sirine yang diatur dalam Pasal 59 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Selain itu, ia menuturkan bahwa potensi pelanggaran dalam pengawalan juga bisa terjadi dengan mencari keuntungan di tengah kemalangan, tanpa niat kemanusiaan.

"Kalau memang sengaja apalagi mencari keuntungan dari kegiatan tersebut tentunya sangat disayangkan," pungkasnya.

Kemudian bila terjadi kecelakaan lalu lintas akibat pengawalan, tentu polisi dapat menetapkan hal itu sebagai sebuah pelanggaran lalu lintas sesuai Pasal 283 karena mengganggu konsentrasi atau membahayakan pengendara lain di jalan.

"Karena pada saat motor tersebut melakukan kegiatan pengawalan ada banyak potensi yang dapat membahayakan," terang Kombes Pol. Faisal.

Dirlantas Polda Sulsel itu juga menambahkan bahwa ambulance telah diatur sebagai jenis kendaraan yang mendapatkan hak utama atau prioritas, berdasarkan Pasal 134 UU LLAJ. Ambulance disebut bisa mendapat prioritas pada persimpangan tanpa adanya koordinasi. Ambulance juga bisa meminta jalur prioritas.

"Petugas Polri dapat berkoordinasi melalui handphone atau dengan handy transifer (HT) dan secara kewenangan memang tugasnya dalam hal diskresi," tutupnya. (Drs)

Editor : Js