Header Ads Widget

Ripki : 'Proyek Pemeliharaan Jembatan Batu Kembang Bukan Pekerjaan Kami'

Foto : Jalan yang rusak saat diperbaiki kembali. (dok/Sk)

Sampang, JejakSiber.com - Meskipun apa yang diberitakan oleh salah satu media online terkait proyek jalan, yaitu proyek paket pekerjaan pemeliharaan jalan jembatan Batu Kembang, tepatnya di Desa Bayusakoh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur yang dikabarkan adalah pekerjaan dari PT. Amin Jaya Karya Abadi.

Setelah di Croscek di lapangan, oleh awak media sidikkasus.co.id bersama Tim dari PT. Amin Jaya Karya Abadi, pada Selasa (15/3/22), dengan membawa perlengkapan seperti Aspal, Stamper dan hand baby roller jika memang itu adalah pekerjaan mereka akan segera di perbaiki pada saat itu juga.

Akan tetapi ternyata pekerjaan jalan yang dikabarkan berlubang di Jembatan Batu Kembang itu bukanlah salah satu paket pekerjaan yang di kerjakan oleh PT. Amin Jaya Karya Abadi.

Hal itu dibuktikan, setelah benar-benar terjun ke lapangan melihat langsung jalan jembatan yang katanya berlubang.

Sehingga pada saat itu manager PT. Amin Jaya Karya Abadi, Ripkianto menelpon Dinas PPK. 3.1 Balai VIII Jawa - Bali untuk menjelaskan bahwa jalan  tersebut bukan termasuk Proyek pemeliharaan jalan jembatan yang di kerjakan oleh perusahaan yang ia pimpin.

Sehingga, meskipun bukan termasuk Proyek pemeliharaan jalan jembatan yang di kerjakan oleh pihak PT. Amin Jaya Karya Abadi, karena mumpung terlanjur sudah di lokasi tersebut, akhirnya Ripkianto berinisiatif melakukan perbaikan jalan jembatan yang berlubang tersebut.

Yang mana pekerjaan perbaikan lubang dilakukan dengan cara tambal sulam, aspal yang sudah rusak dibuang kemudian digantikan dengan aspal baru yang memang sudah disiapkan awal mula pada saat menuju lokasi.

Aspal baru tersebut jenis Asphalt Concrete Binder Course (AC- BC), lalu setelah itu, jalan diratakan kembali dengan menggunakan alat sejenis stamper dan hand baby roller agar jalan yang berlubang tersebut kembali rata dan halus seperti jalan aspal yang habis di hotmix seperti semula.

Menurut keterangan dari Ripkianto, pada saat di wawancara awak media sidikkasus.co.id, Ripki panggilan keseharian nya menjelaskan bahwa, pada tahun anggaran 2021, pihaknya mengerjakan paket pemeliharaan jembatan di Jalan Tanjung Bumi - Pamekasan - Sumenep.

"Salah satu Jembatan yang masuk dalam paket pemeliharaan tersebut adalah Jembatan Batu Kembang, akan tetapi pekerjaan pemeliharaan Jembatan Batu Kembang diantaranya adalah Groting, Perbaikan sambungan siar muai, pengecoran bahu sebelum dan sesudah Jembatan dan juga pembersihan Jembatan," kata Ripki, kepada Wartawan, Selasa (15/3/22).

Bukan termasuk yang di dalam jalan jembatan tersebut, karena untuk perbaikan lubang yang ada saat ini tidak termasuk dikerjakan dalam pemeliharaan.

Ripki menambahkan, "Pengaspalan yang kami kerjakan pada saat itu hanya yang di atas Groting. Kalau lubang yang sekarang ini, adalah lubang yang baru dan tidak masuk di Item pekerjaan pemeliharaan. Meskipun demikian kami ulangi lagi bahwa perbaikan tetap kami lakukan demi keamanan pengendara saat melintasi Jembatan tersebut, walaupun bukan termasuk pekerjaan kami," pungkasnya.

Salah satu warga Desa Banyusokah sangat mengapresiasi kesigapan Dinas terkait dan pihak kontraktor dalam memperbaiki jalan di jembatan Batu Kembang yang berlubang, sehingga pengendara melintasi Jembatan bisa lebih aman dan nyaman tidak berlubang lagi seperti semula. Katanya dengan senyuman yang sumringah.

Pewarta : Maman

Editor : Js

Sumber : sidikkasus.co.id