Header Ads Widget

Warga Keluhkan Kwalitas Jaringan Internet Telkomsel, Simak Respon Kadis Kominfotiks Rohil

Foto : Screenshot layar smartphone. (dok/ist)

Rohil, JejakSiber.com - Masyarakat Balam Km.36 mengeluhkan kwalitas jaringan telekomunikasi yang sangat buruk bahkan nyaris tidak dapat tersambung untuk mengakses internet, karena jaringan yang tersedia di smartphone pelanggan hanya berlambang E.

Hal itu disampaikan oleh Anton salah satu warga yang berdomisili di Jl. Lokasi Udang, Simpang Tiga, Desa Balam Jaya, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (23/4/22).

"Parah kali signal Telkomsel disini, untuk buka aplikasi WhatsApp saja pun susah, padahal kita beli paket internet pun lumayan mahal juga, tapi tak bisa digunakan, sementara sudah belasan tahun saya pakai kartu Telkomsel, di era digitalisasi ini, warga sangat bergantung kepada jaringan internet, sehingga perlu diperhatikan kapasitas dan kwalitas yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia jaringan, khususnya Telkomsel," kata Anton.

Anton yang kegiatan sehari-hari nya sangat membutuhkan jaringan internet itu mengaku sangat dirugikan dalam menjalankan aktivitas maupun berkomunikasi dengan keluarga karena buruknya jaringan internet tersebut, ia berharap agar Pemerintah Daerah dapat mengambil solusi demi kesejahteraan masyarakat.

"Kita berharap agar Pemerintah dapat memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini, kan bisa didirikan tower sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat selaku pelanggan pengguna jasa, apalagi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) ini kan salah satu anak Perusahaan teknologi plat merah atau BUMN, yaitu PT. Telkom Indonesia Tbk. sebagai penyedia jasa layanan jaringan telekomunikasi," pungkasnya.

Sangat disayangkan, masyarakat tidak dapat menikmati fasilitas jaringan internet, terutama di Bulan Suci Ramadhan ini, banyak warga yang sangat membutuhkan untuk mengakses internet sebagai salah satu cara berkomunikasi dengan keluarga yang jauh maupun dekat.

Menanggapi hal itu, awak media ini melakukan konfirmasi kepada Indra Gunawan, S.E. selaku Plt. Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiks) Kabupaten Rohil guna meminta tanggapan terhadap keluhan masyarakat tersebut selaku pejabat pemerintah yang membidangi masalah jaringan telekomunikasi di tingkat Kabupaten Rohil.

"Besok Dinas Kominfo akan menurunkan tim guna croschek langsung di lapangan," kata Indra Gunawan, kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Selasa (26/4/22) dini hari pukul 02.21 WIB.

Indra menjelaskan, apabila tower tower Telkomsel terlalu jauh dari daerah tersebut, pihaknya akan meminta pihak Telkomsel untuk melakukan penambahan tower di daerah yang tidak tersentuh jaringan internet.

"Kami cek dulu, sebenarnya disitu tower Telkomsel yang terdekat atau bukan?, Jika tower Telkomsel, kami akan minta penambahan kapasitas, atau penambahan tower repeater jika jaraknya terlalu jauh dari tower utama, Karena covered area 1 tower hanya 5KM," ujar Kadis Kominfotiks Rohil itu.

Sementara, hingga berita ini diterbitkan, pihak Telkomsel selaku penyedia layanan jaringan telekomunikasi yang jaringan internetnya dikeluhkan masyarakat itu belum dapat dikonfirmasi guna dimintai penjelasan terkait lemahnya jaringan internet bahkan nyaris tidak dapat tersambung di daerah Balam tersebut. (As)

Editor : Js