Header Ads Widget

AMAN Akan Gelar Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI

Foto : Konferensi Pers terkait rencana Kongres Masyarakat Adat Nusantara. (dok/ist/Bil)

Jakarta, JejakSiber.com - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) akan menyelenggarakan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 30 Oktober 2022 di wilayah adat Tabi, Papua.

KMAN tersebut diselenggarakan dengan bertemakan “Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk Menjaga Identitas Kebangsaan Indonesia yang Beragam dan Tangguh Menghadapi Krisis"

Acara lima tahunan ini memiliki beragam kegiatan, seperti sidang-sidang KMAN ke-VI, perayaan hari kebangkitan masyarakat adat Papua, dan berbagai pagelaran serta festival.

Kongres ini, ditargetkan akan dihadiri oleh sekitar 5 (lima) ribu sampai 10 (sepuluh) ribu masyarakat adat dari berbagai penjuru nusantara. Selain itu, sebesar tiga puluh persen dari jumlah perserta adalah peninjau, seperti aktivis, jurnalis, akademisi, peneliti, dan masyarakat adat mancanegara.

Dalam kegiatan sosialisasi rencana acara KMAN ke-VI di Jakarta, Kamis (14/7/2022), Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN, Rukka Sombolinggi menjelaskan bahwa kegiatan KMAN ke-VI diadakan untuk menunjukkan bahwa masyarakat adat adalah komponen utama dan garda terdepan bangsa.

"Kegiatan KMAN ke-VI dapat menjadi solusi atas berbagai persoalan masyarakat adat di Indonesia dan dunia," kata Rukka Sombolinggi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia KMAN ke-VI, Mathius Awoitauw, mengajak seluruh pihak terkait untuk bersatu dan kompak untuk penyelenggaraan acara ini.

“KMAN ke-VI akan menjadi pelangi indah di wilayah adat Tabi yang menjadi tuan rumah,” ujar Mathius yang juga menjabat sebagai bupati Jayapura itu. (Billy)

Editor : Js