Header Ads Widget

Pangkoarmada III : 'Ajak Masyarakat Tanam Pohon Mangrove untuk Masa Depan'

Foto : Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah saat pelaksanaan penanaman bibit mangrove. (dok/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - TNI-AL pada hakikatnya yaitu melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang disiapkan pemerintah untuk melaksanakan tugas TNI dalam membangun dan pengembangan matra laut, melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, juga tugas TNI-AL di daerah bersentuhan erat dengan masyarakat, Pemerintah Daerah serta selalu membangun sinergitas dengan satuan lain, Forkopimda untuk mendukung program pemerintah di tingkat pusat maupun daerah.

Salah satu contoh ke-ikutsertaan TNI Angkatan Laut yaitu membantu program pemerintah melestarikan lingkungan hidup dengan menanam anakan pohon mangrove, sebab pohon mangrove sangat berguna untuk masa depan masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah pada hari mangrove sedunia, TNI-AL wilayah Sorong menanam tiga ribu bibit mangrove di pesisir pantai tanpa garam yang juga diikuti jajaran TNI dan Polri, Forkopimda Kabupaten dan Kota, BMKG dari Kantor Lingkungan Hidup dan masyarakat.

Acara penanaman pohon mangrove di lingkungan TNI-AL terlebih dahulu mengikuti acara pembukaan  melalui virtua olehl Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI, Kepala Staf TNI-AL Laksamana TNI Yudo Margono dan diikuti juga pejabat di daerah seperti Pangkoarmada III, Komandan Lantamal XIV serta undangan lainnya.

Irvansyah, Jenderal bintang dua TNI AL itu mengatakan, penanaman bibit mangrove dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi berbeda mulai dari timur Indonesia hingga ke barat Indonesia dalam rangka hari mangrove sedunia pada tanggal 26 Juli 2022 lalu.

"Juga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan menyambut kegiatan G 20 tugas Pangkoarmada III," kata Pangkoarmada III.

Pangkoarmada III juga mengatakan, penanaman bibit pohon mangrove yang dilaksanakan di bibir pantai Tampa Garam Distrik Maladumes Kota Sorong karena kawasan tersebut berdekatan dengan pemukiman warga untuk itu perlu di jaga agar tidak terjadi abrasi.

"Selain menjaga agar tidak terjadi abrasi juga manfaat dari pohon mangrove cukup banyak yaitu dapat menjaga kelangsungan hidup biota laut, kemudian hutan mangrove nantinya memiliki funhsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai," jelas Irvansyah.

Penanaman bibit mangrove dilaksanakan di tanah seluas 10 meter persegi secara bertahap di Distrik Maladumes Kota Sorong. (Jos)

Editor : Js