Header Ads Widget

Pemuda Katolik Komcab Batam Gelar Mapenta

Foto : Para anggota Pemuda Katolik tingkat Komcab Batam yang baru dilantik bersama para pengurus Komda Kepri, Komcab Batam serta Komac se-Kota Batam. (dok/ist/Js)

Batam, JejakSiber.com - Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Batam menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) di Aula Gereja Katolik Paroki Kerahiman Ilahi Tiban, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Minggu (28/8/22).

Mapenta yang mengusung tema "Akselerasi Gerakan Kader, Menuju Pemuda Katolik Komcab Batam yang Berintegritas, Bermoral dan Mandiri" itu diisi oleh 3 (tiga) orang pemberi materi, yakni Pastor Paroki Kerahiman Ilahi Tiban, RP. Heribertus Mangkur, CS., Julius Joni, dan Herman Simbolon.

"Sebagai kader Pemuda Katolik, harus tetap mengedepankan ajaran Yesus berdasarkan Injil dan harus memiliki Iman Katolik yang kuat yang ditanamkan dalam diri masing-masing," ujar Romo Heribertus.

Selanjutnya, sebagai pemateri tentang kemasyarakatan, Julius Joni menekankan untuk menjadi seorang kader Pemuda Katolik itu harus memiliki Visi dan Misi, dan Visi itu harus satu dan tidak boleh berbeda-beda, agar dapat menjalankan Misi secara bersama-sama.

"Sama halnya dengan Visi Keuskupan Pangkal Pinang, yaitu "Umat Allah Keuskupan Pangkalpinang, dijiwai oleh Allah Tritunggal Mahakudus, bertekad menjadi Gereja Partisipatif" yang artinya bersatu dengan Kristus," ujar Julius Joni yang akrab disapa bapak JJ.

Pada kesempatan yang sama, sebagai Moderator wawasan Kebangsaan, Herman Simbolon juga mengungkapkan sebagai kader Pemuda Katolik, harus memiliki integritas dan harapan, 100% Katolik dan 100% warga negara Indonesia.

"Pemuda Katolik itu harus memiliki 3S (saling membantu, saling mendukung, dan saling menghormati), 3H (health, have, dan happy) dan 3D, yakni (Doa, Daya, dan Dana), dalam hal ini sehat Rohani karena roh mu akan menjadi berguna bagi banyak orang, sehat Jasmani dan sehat jiwa yang artinya harus patuh pada pimpinan, dengan demikian, kita akan memiliki jiwa yang akan disukai, disenangi banyak orang," tegas Herman Simbolon.

Di akhir kegiatan, para peserta yang mengikuti Mapenta langsung dilantik oleh Ketua Carataker Komcab Batam, Antanasius Dula didampingi oleh para pengurus Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepri, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Batam terpilih serta seluruh pengurus Komisariat Anak Cabang (Komac) se-Kota Batam

Usai acara pelantikan secara simbolis, diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh anggota Pemuda Katolik yang baru bergabung. (Js)

Editor : Red