Header Ads Widget

Audiensi dengan Kepala BKKBN Kepri, Pemuda Katolik Tawarkan Hal Ini

Foto : Saat diskusi berlangsung pada kegiatan audiensi dengan Kepala BKKBN Provinsi Kepri. (dok/ist/Pk)

Batam, JejakSiber.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kepri, Rohinah, M.Si. menerima secara langsung audiensi Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau, Jumat (2/9/22).

Dalam pertemuan audiensi bersama BKKBN Provinsi Kepri itu, Cosmas Eko selaku Sekertaris Pemuda Katolik Komda Kepri memberikan sambutan pembuka yang mengatakan bahwa saat ini Pemuda Katolik sedang menggunakan slogan lahir baru.

"Gagasan besar Pemuda Katolik periode ini adalah "Reborn and Grow Further", ini adalah komitmen Pemuda Katolik dari Sabang sampai Merauke untuk lahir baru dengan persepsi pengelolaan dan paradigma yang baru agar kontribusinya dapat dirasakan masyarakat melalui berbagai bentuk kerja kolaboratif," kata Cosmas Eko.

Cosmas juga menjelaskan bahwa Pemuda Katolik sebagai organisasi kesatuan Nasional pada bulan Mei 2022 lalu telah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Manado.

"Salah satu bentuk nyata kontribusi Pemuda Katolik adalah membangun kerjasama kemitraan dengan BKKBN," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BKKBN Provinsi Kepri menyambut baik dan antusias inisiatif yang sedang dilakukan Pemuda Katolik tersebut.

"Tugas dan tanggungjawab kami di BKKBN amatlah berat, kami tidak mampu melakukannya sendiri demi Indonesia Emas tahun 2045 nanti, oleh karena itu kami menyambut dengan baik gagasan Pemuda Katolik untuk juga terlibat," ujar Rohinah saat bertemu bersama Pemuda Katolik di ruang rapat kerjanya itu.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri, Dr. Vandarones Purba, S.T., M.H., yang turut hadir saat itu mempertegas komitmen kerja kolaboratif Pemuda Katolik seraya mengelaborasi berbagai bentuk kerjasama yang dapat dilakukan.

"Gereja Katolik mempunyai komitmen dalam kehidupan berkeluarga, Gereja mempersiapkan pasangan-pasangan sebelum memasuki bahtera perkawinan harus melalui kursus pra-nikah yang kami sebut Kursus Persiapan Perkawinan. Nah, kami juga memilki segmentasi pembinaan berjenjang yang jelas, mulai dari anak, remaja, orang muda, keluarga muda, sampai lansia. Saya pikir hal ini akan semakin baik jika dikolaborasikan dengan BKKBN yang secara kelembagaan memiliki visi mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas," ujar Vanda.

Pada kesempatan yang sama, Atanasius Dula, SAP. selaku Bendahara Pemuda Katolik Komda Kepri secara lebih detail menawarkan kegiatan-kegiatan konkrit yang bisa dikolaborasikan bersama, antara BKKBN Provinsi Kepri dan Pemuda Katolik Komda Kepri, sesuai dengan Renstra BKKBN.

"Kami bisa secara regular mengumpulkan remaja, orang muda, keluarga-keluarga muda, siswa-siswi sekolah, untuk dapat diberikan edukasi, pelatihan, dan kegiatan lain yang sesuai dengan tupoksi BKKBN," kata Atan menawarkan.

Kemudian, diskusi tersebut dilanjutkan dengan brainstrorming beberapa kegiatan konkrit yang dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Dalam audiensi itu, Kepala BKKBN Kepri didampingi Sekretaris Badan, Sitti Jamilah, S.KM., M.H., Sub Koordinator Penggerakan, Advokasi dan KIE, Sri Parwanti, S.Pd., M.H., Sub Koordinator Pengendalian Kependudukan, Dina Mariana Sebayang, S.KM., M.H.

Turut hadir juga pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri lainnya, yakni Evi Puspitosari selaku anggota Dewan Pakar Pemuda Katolik Komda Kepri, Roy Chardo Sitanggang selaku Kabid OKK, Nimrod Siahaan selaku Kabid Moderasi Beragama yang juga sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Batam. (Rls)

Editor : Js