Header Ads Widget

Anak-anak di Papua Antusias Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78

Foto : Anak-anak di Papua Antusias Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78. (dok/Jos/ist)

Sorong, JejakSiber.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunya, berbagai perayaannya tampak berbeda dari perayaan-perayaan sebelumnya.

Dari pantauan media ini, sebulan sebelum tiba peringatan HUT kemerdekaan ke-78 ini, Kota Sorong sudah diwarnai dengan lambang negara bendera merah putih.

Pengibaran bendera merah putih itu tidak hanya terlihat di lingkungan kantor instansi pemerintah, instansi swasta, TNI-Polri, lingkungan pendidikan seperti sekolah-sekolah, BUMN dan BUMD. Malainkan dilingkungan RT/RW juga diwarnai kibaran bendera merah putih, baik ukuran kecil maupun ukuran besar serta aksesoris bendera yang dikombinasikan dengan gambar garuda.

Tidak hanya disemarakan bendera merah putih, namun peringatan HUT RI ke-78 tahun ini juga diwarnai berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat di lingkungan RT masing-masing.

Salah satu di lingkungan RT.03/RW.02 Kelurahan Klademak 2, Sorong Kota, Provinsi Papua Barat Daya, tepatnya di Klademak 2 Kota Sorong. Di lokasi tersebut panitia menggelar berbagai kegiatan dengan melibatkan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak tingkat TK hingga orang tua, Kamis (17/8/23).

Jenis kegiatan dimaksud, antara lain lomba memasukkan bendera merah putih ke dalam botol, makan kerupok, memasukan paku dalam botol, memindahkan gelas air aqua dengan menggunakan balon, memindahkan sedotan ke botol dengan menggunakan hidung dan bibir dan lomba tari balon serta memindahkan tepung menggunakan piring ke teman di belakangnya hingga teman yang duduk di posisi belang.

Dalam berbagai perlombaan tersebut, panitia menyediakan berbagai jenis hadiah, mulai dari juara satu, juara dua, juara tiga dan hadiah hiburan kepada semua peserta yang tidak meraih juara.

Ibu Batlayar yang merupakan koordinator kegiatan saat berbincang dengan media ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2023, sekedar ikut merayakan kendati secara kecil.

"Pada intinya ditunjukkan kepada anak-anak saja untuk mendorong semangat anak-anak memaknai perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia," pungkasnya (Jos)

Editor : Js