Header Ads Widget

Istri Wapres RI Buka Kegiatan Peningkatan Kompetisi UMKM Kriya di Sorong

Foto : Istri Wakil Presiden RI, Wury Estu Handayani saat memberikan sambutan. (fok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Wury Estu Handayani membuka acara peningkatan kompetisi UMKM Kriya dan Forum Kemitraan Investasi bertempat di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (11/10/23).

Dalam pembukaan acara yang dihadiri oleh 11 istri Menteri Kabinet Indonesia Maju mendampingi kunjungan kerja ibu Wapres itu, Wury Estu Handayani mengatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya dan tradisi serta memiliki potensi dalam industri karya.

"Yang sebagian besar berskala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terbukti UMKM Kriya telah terbukti berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian negara," kata Wury Estu Handayani.

Wury Estu Handayani menambahkan, pelaku UMKM Kriya tidak hanya menciptakan produk bernilai ekonomi, akan tetapi mewariskan kekayaan budaya dan tradisi bangsa Indonesia hingga dikenal dunia.

Kemudian Kriya Nusantara ini kata Ibu Wapres tidak terlepas dari adanya peran aktif kreativitas dan banyak inovasi, "Kita dapat mempertahankan kekayaan budaya Indonesia melalui kreativitas dan menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dengan inovasi," tegasnya.

Istri Wapres yang adalah Ketua Dekranas itu mengatakan, di Papua Barat Daya tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan potensi dan keindahan produk kerajinan tangan khas, seperti tas noken, alat musik tifa, dan beberapa hasil anyaman lainnya.

"Oleh sebab itu, Dekranas memberikan dukungan yang kuat bagi pelaku usaha UMKM Kriya, sebab Dekranas tidak dapat bergerak sendiri di era kolaborasi saat ini, sehingga pada kesempatan ini harus sama sama berkolaborasi agar kuat," ujar Istri Wakil Presiden.

Usai membuka kegiatan, istri Wapres beserta rombongan meninjau pameran UMKM di halaman Kantor Walikota Sorong. (Jos)

Editor : Js