Header Ads Widget

Kapoldasu Pimpin Upacara HUT Brimob Ke-78 dengan Tema "Negara Aman Menuju Indonesia Maju"

Foto : Perayaan HUT Korps Brimob Polda Sumut ke-78 tahun. (dok/ist)

Medan, JejakSiber.com - Mako Brimob Polda Sumut menjadi saksi kehangatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Brimob Polri, Kamis (16/11/23) yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Acara itu diselenggarakan di Jalan Bhayangkara, ujung Kota Medan, Sumatera Utara dengan melibatkan beragam kegiatan yang memeriahkan momen bersejarah tersebut.

Rangkaian acara dibuka dengan penghormatan melalui menyanyikan lagu Mars Brimob dan laporan dari Komandan Upacara. Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, selaku Inspektur Upacara HUT Brimob Polri ke-78 tahun itu melakukan pemeriksaan pasukan.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolda Sumut, Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, mengucapkan selamat atas HUT Brimob Polri ke-78 tahun dengan tema "Negara Aman Menuju Indonesia Maju"

Sejarah panjang Korps Brimob Polri, yang awalnya dikenal sebagai Polisi Istimewa pada 16 April 1944 silam, yang pada akhirnya mencapai puncaknya dengan perubahan nama menjadi Brimob pada 14 November 1961. Kini, pada tahun 2023, Brimob Polri telah berusia 78 tahun dan menjadi perwujudan dari kesuksesan, mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan internasional.

Dalam amanatnya, Kapolda Sumut menekankan tugas utama Brimob Polri, yang melibatkan penanganan bencana alam, pergerakan penanganan Konflik Bersenjata (KKB) di Papua, penanganan konflik sosial, hingga keterlibatan dalam penanganan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

"Polri harus berkepentingan kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia," ujar Agung Setya Imam Effendi menegaskan esensi amanat Kapolri.

Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, Kapolrestabes Medan, dan perwakilan berbagai instansi terkait.

Puncak acara dihiasi dengan pembacaan doa, mengharapkan perlindungan dari Allah SWT bagi Brimob Polri.

Kemudian, sebagai simbol rasa syukur, acara ditutup dengan atraksi oleh Tim Beladiri Satuan Brimob Polda Sumut dan pemotongan nasi tumpeng, mencerminkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Perayaan ini menjadi momen bersejarah yang memperkokoh eksistensi Brimob Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia. (Rizky Zulianda)

Editor : Js