Header Ads Widget

HUT Ke-15 Korem 033/WP, Satjar Gandeng Apindo Gelar Vaksinasi Kepada 20 Ribu Lebih Warga

Foto : Pelaksanaan vaksin kepada warga oleh Tim Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Korem 033/WP. (dok/Penrem 033/WP)

Batam, jejaksiber.com - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korem 033/Wira Pratama ke-15 tahun dan mensukseskan serta mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kepri, Korem 033/WP melalui Satuan Jajaran (Satjar) melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 di Resto Puas Hati Kawasan Batam Center, lebih tepatnya di samping Ikan Bakar Cianjur, Batam Center, Kota Batam.

Selama dua hari pelaksanaan vaksinasi, ada sebanyak 20.917 orang warga Kota Batam di vaksin oleh Tim Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Korem 033/WP.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Detasemen Polisi Militer (Denpom), Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam.

Vaksinasi itu diperuntukkan kepada masyarakat umum dengan dosis kedua untuk jenis vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Melalui Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi, Danrem 033/WP Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu mengatakan bahwa kegiatan ini dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat terbentuknya kekuatan komunal atau herd immunity.

"Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi, dengan cara membangun pembentukan kekuatan komunal (herd immunity) melalui Serbuan Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Korem 033/WP. Kalau ini semuanya sudah divaksin dan semuanya bisa menjalankan Protokol Kesehatan dengan baik, maka kita segera dapat mengakhiri pandemi Covid-19 dan kita semua bisa hidup normal seperti biasa. Vaksin Covid-19 ini menjadi kekuatan bagi saat pandemi Covid-19," kata Reza, Minggu (19/9/21).

Pada pelaksanaanya, kata Kapenrem 033/WP, pihak penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, seperti wajib memakai masker, peserta wajib mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

"Vaksinasi Gurindam 12 ini adalah gerakan dan gebrakan dari Bapak Danrem 033/WP yang mengkonsolidasikan kepada seluruh kekuatan dan potensi yang dimiliki di wilayah Provinsi Kepri baik Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten atau Kota, seluruh satuan jajaran Korem 033/WP dan pengusaha yang ada di wilayah Kepri. Gerakan Vaksinasi Gurindam 12 ini diharapkan mampu memberi kontribusi besar bagi pencapaian vaksinasi di Provinsi Kepri," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 033/WP mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan terbentuk kekebalan komunal, muda-mudahan aktifitas sehari-hari kita kembali berjalan normal, dengan syarat protokol kesehatannya tak boleh kendor," katanya.

Ditempat pelaksanaan vaksinasi, Mona Fitria selaku koordinator pelaksanaan kegiatan berharap agar masyarakat Kota Batam dan Kepulauan Riau lebih sadar akan pentingnya vaksinasi tersebut.

"Harapannya, ya semoga masyarakat lebih sadar akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Dan yang paling utama adalah semoga pandemi ini segera berakhir, agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa lagi," ucap Mona ketika di temui sejumlah awak media.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pihak penyelenggara pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Resto Puas Hati Batam Center itu membagi waktu dalam pelaksanaan di lapangan yakni, Vaksin jenis Sinovac pada pagi hari dan AstraZeneca pada siang hari.

Ada sebanyak 5.500 dosis Sinovac dan 6.500 dosis AstraZeneca untuk dosis kedua disiapkan oleh pihak penyelenggara. Kegiatan di mulai sejak pukul 08.00 Wib hingga selesai yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Sementara, lebih kurang sekitar 5.035 peserta telah divaksin jenis Sinovac dan 3000 lebih peserta untuk jenis AstraZeneca dalam pelaksanaan tersebut.

Adapun total secara keseluruhan peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19 sebanyak 20.917 orang. Data tersebut berdasarkan pelaksanaan selama dua hari. Data tersebut terdiri dari 9.784 warga Batam yang melakukan vaksinasi pada hari Sabtu (18/9/2021) kemarin dan sebanyak 11.133 orang pada hari ini, Minggu (19/9/2021).

Berdasarkan data dari Korem 033/WP, total secara keseluruhan sebanyak 701.521 orang telah divaksin Covid-19 oleh Mobile Gurindam 12 dengan rincian 456.602 orang dosis pertama dan 244.919 orang dosis kedua di 7 (tujuh) wilayah Kabupaten atau Kota di wilayah Provinsi Kepri, diantaranya Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna. (Js)