Header Ads Widget

MoU PD Agro Madear dan KPHB dengan PT. BUMR Pangan Terhubung Sukabumi

Foto : Foto bersama usai penandatanganan MoU PD Agro Madear dan KPHB dengan PT. BUMR Pangan Terhubung Sukabumi. (dok)

Simalungun, jejaksiber.com - Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga menjalin kerjasama dengan PT. Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) Pangan Terhubung untuk meningkatkan ekonomi petani khususnya padi sawah sejak 2017. Dari usaha-usaha yang dilakukan, telah memperoleh akses dengan PT. BUMR Pangan Terhubung Sukabumi.

"Petani di Sukabumi di organisasikan dalam bentuk badan hukum koperasi, saya bersama Wakil Bupati, H. Zonny Waldi, sangat gencar membangun komunikasi dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat," kata Radiapoh, Senin (27/9/21) di Hotel Sapadia, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Radiapoh Sinaga menambahkan, organisasi petani dimaksud agar petani bisa mengorganisasikan diri, meningkatkan skala usahanya untuk mencapai skala ke ekonomian (economical of scale) dan bervisi dengan paradigma/mindset korporasi dan bisnis.

"Sehingga para petani dapat membangun posisi tawar yang lebih besar di pasar produk-produk pertanian, serta tidak termarjinalkan lagi dalam perekonomian," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, R Anang Nugoho Stetyo Moelyono berharap semua gagasan Bupati Simalungun dan perangkatnya serta masyarakat dapat terwujud.

"Korporasi petani dan layanan merupakan projek prioritas nasional. Jadi kedepannya kita berhadap korporasi petani dan nelayan mempunyai Perpres dan kami menyambut baik upaya Bupati untuk membangun korporasi petani dan nelayan di daerah ini," ucap Anang.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan juga penandatangan Memory of Understanding (MoU) antara Dirut PT. BUMR Pangan Terhubung Mohamed Farel dengan Pjs. Dirut PD Agro Madear, Topot Saragih dan Ketua KPHB Jhon Mejer Purba yang disaksikan oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Pendiri PT. BUMR Pangan Terhubung, Luwarso.

Bupati bersama rombongan Meresmikan Kantor Koperasi Pangan Haroan Bolon dan pelantikan pengurus koperasi di 32 Kecamatan. (Surya Damanik)