Header Ads Widget

Buka Kegiatan Vaksinasi 10 Ribu Dosis, Wabup Simalungun : Masyarakat Jangan Takut di Vaksin

Foto : Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi saat pembukaan kegiatan vaksinasi 10 ribu dosis. (dok)

Simalungun, jejaksiber.com - Bupati Simalungun yang diwakili oleh Wakil Bupati H. Zonny Waldi secara resmi membuka kegiatan vaksinasi 10 ribu dosis yang dilaksanakan Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) Jakarta, di Open Stage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara, Senin (4/10/21).

dr. Fransisco MH Panjaitan selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi 10 ribu dosis yang dilaksanakan IKA USU Jakarta mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan, Kemenkominfo dan Pemkab Simalungun.

Vaksinasi dilaksanakan pada 3 lokasi, yakni di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sebanyak 4.000 dosis, Saribudolok Kecamatan Silimakita 3.000 dosis dan di Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok sebanyak 3.000 dosis.

"Kami mohon dukungan semua pihak agar kegiatan ini berjalan lancar, dan Simalungun mencapai herd immunity," ujar Fransisco.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun terdiri dari 32 Kecamatan dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa, target vaksinasi untuk mencapai herd immunity kurang lebih sekitar 788.362 orang, dan hingga sampai saat ini yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis pertama 48,45% dan vaksinasi dosis kedua 13,73%.

"Kami berharap kepada Kemenkes RI agar Simalungun menjadi perhatian khusus, daerah ini merupakan kawasan Danau Toba menjadi kawasan super prioritas destinasi pariwisata nasional, ada 12 ribu jiwa masyarakat di Kecamatan ini dan yang sudah divaksin ada sekitar 5 ribu orang, jadi sekitar 7 ribu orang yang divaksin hari ini," kata Zonny Waldi.

Zonny juga memaparkan, dalam bulan ini juga masyarakat Girsang Sipangan Bolon sudah tervaksin 100 persen.

"Sehingga wisatawan yang datang di Parapat ini tidak khawatir lagi, karena Parapat merupakan pintu gerbang wisata Danau Toba," pungkas Wakil Bupati Simalungun.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary dalam sambutannya mengatakan, saat ini pemerintah menargetkan bahwa pada akhir tahun 2021 mendatang 70% masyarakat Indonesia sudah divaksin.

Sebelumnya, Plt. Direktur Surveilance dan Karantina Kesehatan, Kementerian Kesehatan dr. Prima Yoshephine menjelaskan bahwa harus ada kerjasama dari berbagai pihak dan masyarakat untuk terus mendukung program percepatan vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Sumut Hj. Hidayah Herlina Gusti, anggota DPRD Simalungun Maraden Sinaga, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Ketua IKA USU Jakarta dan Sekitannya Marolop Nainggolan, Staf Ahli Bupati Pemerintahan dan Kesra Akmal A Siregar.

Turut hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Albert R Saragih, Plt Kadis Kesehatan dr. Lidya Saragih, Plt. Kasatpol PP Adnadi Girsang, Plt. BPBD Bob Presly Saragih, Camat dan Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon dan Divisi BODT Siswanto Sinambela. (Surya Damanik)