Header Ads Widget

Berkat Program PUMK PT Timah, Usaha Terasi Hamid Berkembang ke Daerah Lain

Foto : Bahan bahan terasi milik Hamid yang akan di distribusikan hasil olahan dari ikan tangkapan nelayan. (dok/ist/Jn)

Karimun, JejakSiber.com -- Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT. Timah terus membantu para pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan untuk mengembangkan usaha mereka.

Tak hanya itu, melalui program PUMK PT. Timah Tbk. dengan bantuan permodalan dan pembinaan mendorong UMKM untuk mandiri, menciptakan lapangan pekerjaan dan memiliki daya saing.

Salah satu mitra binaan PT. Timah Tbk, Hamid yang merupakan nelayan gumbang menceritakan usaha pembuatan terasinya cukup berkembang setelah menjadi mitra binaan PT. Timah Tbk.

Nelayan gumbang itu telah memulai usaha pembuatan terasi sejak 10 tahun silam, sebagai nelayan, Hamid memanfaatkan hasil tangkapannya sebagai bahan baku pembuatan terasi, sehingga Ia tak kesulitan untuk mencari bahan baku.

Sekian tahun menjalankan usaha pembuatan terasi ini, Hamid bersama istrinya ingin mengembangkan usaha pembuatan terasinya agar bisa dipasarkan ke luar Pulau. Namun mereka terkendala dengan modal.

Berbagai usaha dan upaya dilakukan Hamid untuk mencari informasi program pendanaan yang dirasa tidak memberatkan dan membantu usahanya bisa berkembang.

Namun, Ia bersyukur saat mengetahui program PUMK PT. Timah Tbk. ini, sehingga dirinya yakin untuk memanfaatkan program itu untuk mengembangkan usaha pembuatan terasinya.

"Alhamdulillah, setelah mendapatkan bantuan dan penjelasan, saya mengajukan proposal dan bersyukur bisa dibantu dengan program ini," kata Hamid, Jum'at (27/10/23).

Setelah mendapatkan tambahan modal dari PT. Timah tersebut, Hamid bersama istrinya mulai menambah produksi terasi nya.

"Suntikan modal dari PT. Timah saya gunakan untuk membeli udang dari nelayan sekitar sebagai bahan baku pembuatan terasi dan kami bisa meningkatkan produksi terasi," pungkasnya.

Produk terasi buatan Hamid sendiri memiliki rasa yang khas dan cocok di lidah untuk masyarakat Kundur, sehingga tak jarang terasi mereka laku keras.

Dengan bertambahnya jumlah produksi, Hamid juga melebarkan sayap untuk menambah jangkauan pemasaran seperti merambah Pulau Moro, Durai, dan sekitarnya.

Menurut Hamid, program PUMK PT. Timah itu sangat bagus serta berpihak kepada masyarakat dan pelaku UMKM, karena selain mudah dalam pengurusan administrasi, juga banyak kemudahan.

"Kita berharap program PUMK PT. Timah ini akan terus berlanjut guna membantu masyarakat, khusus nya para pelaku usaha kecil untuk bisa berkembang dan bersaing," tutup Hamid sembari mengucapkan terima kasih. (Jams)

Editor : Js