Header Ads Widget

Menguji Kesiapan dan Kelayakan Calon Kepala Negara Melalui Debat Capres-Cawapres 2024

Foto : Nadyatul Husni (Mahasiswa Fakultas Hukum Unrika). (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Proses pemilihan presiden (pilpres) periode 2024-2029 sudah di depan mata yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang sebagaimana telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Pilpres kali ini tampak berbeda dengan Pilpres pada periode sebelumnya, yang mana pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang resmi mendaftar dan ditetapkan terdiri dari 3 (tiga) pasangan alon (paslon), yakni Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin), Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran), dan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud).

Ketiga pasangan capres dan cawapres tersebut sedang melangsungkan debat perdana, Selasa (12/12/23) di Kantor KPU RI. Namun, untuk tempat debat di waktu yang lain, masih belum diketahui pasti.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan tanggal debat para capres dan cawapres untuk Pilpres 2024. Debat tersebut akan dilaksanakan sebanyak lima kali, mulai Desember 2023 hingga Februari 2024 Debat capres-cawapres Pilpres 2024 dan akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio.

"Rencananya dijadwal akan dimulai jam 19.00 WIB. Kalau penyiaran prime time," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/23), dikutip dari detikNews.

Terkait lokasi debat, kemungkinan akan berlangsung di Jakarta. Hal itu berdasarkan pertimbangan KPU, karena jika digelar di luar Jakarta, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah mobilisasi.

Sedangkan mengenai tema dan format debat capres-cawapres 2024, masing-masing debat mengusung tema yang berbeda-beda. Debat Pilpres 2024 nanti dibagi menjadi tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

Jadwal debat capres-cawapres 2024:

• Debat pertama, dijadwalkan pada hari Selasa, tanggal 12 Desember 2023

• Debat kedua, dijadwalkan pada hari Jumat, tanggal 22 Desember 2023

• Debat ketiga, dijadwalkan pada hari Minggu, tanggal 7 Januari 2024

• Debat keempat, dijadwalkan pada hari Minggu, tanggal 14 Januari 2024

• Debat kelima, dijadwalkan pada hari Minggu, tanggal 4 Februari 2024

Stasiun TV dan radio yang menyiarkan debat capres-cawapres 2024:

• Debat pertama, disiarkan secara langsung melalui siaran TVRI, ANTV, Kompas TV, Indosiar, SCTV, TVOne, MetroTV, CNN Indonesia, dan RRI

• Debat kedua disiarkan secara langsung melalui siaran TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

• Debat ketiga disiarkan secara langsung melalui siaran MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

• Debat keempat disiarkan secara langsung melalui siaran SCTV, Indosiar, dan MetroTV

• Debat kelima disiarkan secara langsung melalui siaran TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Tema dan format debat capres-cawapres 2024:

• Debat pertama (capres), tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga

• Debat kedua (cawapres), tentang ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan

• Debat ketiga (capres), tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik

• Debat keempat (cawapres), tentang pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa

• Debat kelima (capres), tentang kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi

Disamping para paslon telah dinyatakan lolos mencalonkan diri sebagai capres dan cawapres melalui berbagai tahapan, mulai dari proses pendaftaran hingga penetapan, para calon juga perlu di uji dari segi kesiapan dalam memimpin bangsa ini dengan mengikuti debat capres-cawapres sebelum dilakukan proses pemilihan.

Hal itu sebagai bahan dasar bagi para pemilih (warga negara Indonesia yang telah memiliki hak untuk memilih_red) dalam menentukan pilihannya untuk memimpin negara ini kedepannya.

Berdasarkan hal itu, sehingga para capres dan cawapres harus mempersiapkan diri dengan matang, mulai dari segi mental, pengetahuan dalam berbagai bidang sesuai kebutuhan wilayah pemerintahan yang ada, dan juga dalam mengola anggaran dari berbagai sektor.

Dari hasil debat capres-cawapres tersebut, nantinya masyarakat dapat menilai dan menentukan pilihan yang tepat kepada calon pemimpin negara ini kedepannya, demi kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa.

Untuk diketahui, meski sama-sama memiliki berbagai pengalaman di bidang pemerintahan, ketiga pasangan capres-cawapres kali ini memiliki kelebihan masing-masing yang berbeda, namun tidak luput juga dari berbagai kekurangan.

Penulis : Nadyatul Husni (Mahasiswa Fakultas Hukum Unrika)