Header Ads Widget

Danrem 022/PT Buka Latihan Pratugas Operasi Statis Yonif 126/KC Penugasan ke Papua

Foto : Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung saat memimpin pembukaan latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Utara (Statis) Yonif 126/KC. (dok)

Sergai, jejaksiber.com - Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin yang diwakili oleh Wadan Latihan, Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung memimpin acara pembukaan latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Utara (Statis) Yonif 126/KC dalam rangka Operasi Pengamanan Perbatasan darat Sektor Utara RI-PNG di Wilayah Papua T.A. 2021 di lapangan Bola Kaki PT. Cinta Raja, Desa Silinda, Kecamatan Silindak, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (28/9/21).

Kegiatan pembekalan latihan kesiapan pratugas tersebut diikuti oleh sebanyak 450 orang prajurit dan pendukung 132 orang yang dilaksanakan selama 12  hari, dimulai dari tanggal 28 September hingga 09  Oktober 2021 mendatang.

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB yang dibacakan oleh Danrem 022/PT mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan latihan Pratugas itu untuk meningkatkan dan mempermahir kemampuan personel Yonif 126/KC sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan sektor Darat Utara RI - PNG secara Berhasil dan berdaya Guna.

"Tugas TNI semakin Komplek dan tidak ringan, dikaitkan dengan perkembangan situasi keamanan di wilayah Papua khususnya perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI, situasi seperti ini sering dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk menggangu Roda pemerintahan di Papua," kata Parlindungan.

Parlindungan menegaskan, bagi penyelenggara latihan, agar menumbuhkan semangat dan motivasi pelaku latihan, sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan benar.

"Ciptakan mekanisme latihan yang relevan dengan realisme latihan, sehingga pelaku memiliki gambaran situasi operasi di daerah yang sesungguhnya," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan jam Pimpinan tersebut Letkol Inf. T.P. Lobuan Simbolon selaku Kawasdal latihan PAMTAS RI-PNG Yonif 126/KC, Letkol Inf.Wirya Artadiguna selaku DAL TAS, Kasi Ops Rem 022/PT Mayor Arm Denny Riesta, 

Danyon 125/SMB Letkol Inf. Budianto Hamdani Damanik serta Kasi Ops Brigif 7/RR Kapten Inf Hadi Gawah Arti.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Toto Trianto, Kapenrem Mayor Inf SH. Tanjung, Dandema Brigif /RR Mayor Inf Edi Wibowo, Danramil 19/BP Kapten Kav Ishak Iskandar, Kapolsek Kotarih Iptu D. Panjaitan dan Asisten 1 Pemkab Deli Serdang Citra Ependi Capah. (Surya Damanik)