Header Ads Widget

Jaga Ekosistem Hutan, Kodim 0317/TBK Bersama Masyarakat Gelar Penanaman 1.000 Pohon

Foto : Personil Kodim 0317/TBK bersama masyarakat sedang menanam pohon. (dok)

Karimun, jejaksiber.com - Demi menjaga kelestarian lingkungan, Kodim 0317/TBK jajaran Korem 033/WP melakukan penanaman 1.000 pohon, di Tanjung Balai Karimun, Jumat (24/9/21).

Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto mengatakan bahwa aksi sosial penanaman pohon tersebut, bertujuan untuk menggugah masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan sekitar.

"Kegiatan Ini bertujuan untuk lebih membudayakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Karimun agar menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui penanaman pohon," ujar Letkol Agus.

Agus menjelaskan bahwa keberadaan hutan di Indonesia dilindungi oleh Undang-Undang. Sehingga, setiap pihak yang dengan sengaja melakukan perusakan lingkungan akan mendapat sanksi sesuai aturan yang berlaku.

"Bagi masyarakat luas, lembaga yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan hidup sebagai bagian dari pemangku pengelolaan hutan di Indonesia, kami mengajak agar kepentingan misi pembinaan lingkungan hidup dan kehutanan untuk mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera dapat diwujudkan dengan semangat gotong royong," kata Dandim 0317/TBK.

Dandim 0317/TBK memaparkan, pada kegiatan tersebut, terdapat beberapa jenis pohon yang ditanam, yakni pohon mangga, pohon rambutan, pohon kelengkeng, pohon durian, pohon nangka, pohon bintaro, dan mangrove atau bakau.

"Jumlah keseluruhan yang kita tanam ada 1.000 batang. Semoga nantinya bisa tumbuh dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat kita," pungkasnya. (Js)