Header Ads Widget

TMMD Ke-112 di Wilayah Kodim 0316/Batam Resmi Dibuka

Foto : Upacara pembukaan program TMMD ke-112Kodim 0316/Batam. (dok)

Batam, jejaksiber.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan bakti TNI yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

Berdasarkan Surat Telegram Komandan Korem 033/Wira Pratama Nomor : ST / 574 / 2021 Tanggal 30 Agustus 2021 tentang perintah untuk merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA. 2021.

Program TMMD ke-112 ini mengangkat tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0316/Batam tepat nya di Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang.

Pembukaan TMMD ke-112 ini diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di halaman Dendang Melayu, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, yang diikuti sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat struktural di instansi sipil, Rabu (15/9/21).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-112 tahun ini dalam laporannya menyampaikan kesiapan kegiatan yakni dasar pelaksanaan, waktu pelaksanaan, tempat sasaran, personil satgas dan logistik kegiatan TMMD di wilayah Pemerintah Kota Batam.

Kegiatan pembukaan TMMD ke-112 tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Kesiapan Kegiatan oleh pihak pertama Walikota Batam, Muhammad Rudi kepada Pihak Kedua Dansatgas TMMD ke-112 Tahun 2021 yang disaksikan Gubernur Kepri dan Komandan Korem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.

Serta dilanjutkan penyerahan alat kerja kepada perwakilan masyarakat sebagai simbolis telah di buka nya TMMD ke-112 ini.

Dalam Sambutan nya Gubernur Kepri Menyampaikan bahwa Kegiatan TMMD merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat khususnya di wilayah Pemerintah Kota Batam.

"Sedangkan sasaran non fisik, yaitu upaya untuk memfasilitasi dan edukasi kepada Masyarakat dengan berbagai hal, diantaranya tentang wawasan kebangsaan dan pelayanan kesehatan meliputi kegiatan penyuluhan penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting, posyandu, poswindu, penyakit menular dan tidak menular. Hal ini sangat penting dan strategis ditengah persoalan Masyarakat sekarang sebagai daya tangkal dan cegah dini," ujar Ansar.

Gubernur Kepri juga menyampaikan pesan kepada seluruh personel Satgas TMMD ke-112 untuk selalu menjaga kerukunan dengan Masyarakat, "Jaga dan pelihara disiplin serta moril pada saat pelaksanaan TMMD ke-112 berlangsung, kemudian jaga faktor keamanan dan hindari pelanggaran sekecil apapun," pungkasnya.

Selama pelaksanaan pembukaan upacara TMMD ke-112 tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, cek suhu, dan menjaga jarak karena mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19.

Di lokasi pelaksanaan upacara, Pjs Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi menyampaikan bahwa sasaran dalam TMMD kali ini meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.700 m x lebar 8 m, pemasangan gorong-gorong di 2 titik dengan ukuran diameter 0,80 m x 2 lajur x 10 m dan ukuran diameter 0,40 m x 1 lajur x 20 m serta semenisasi jalan sepanjang 200 m x lebar 4,2 m.

"Sedangkan untuk sasaran non fisik, akan dilaksanakan berupa penyuluhan kesehatan, pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan, kamtibmas, pendidikan, penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting, posyandu, pos pembinaan terpadu (Posbindu), bahaya penyalahgunaan narkoba dan hukum disiplin lalu lintas, serta pemberian bantuan sosial," kata Reza.

Reza menambahkan, mengingat pentingnya program itu, diharapkan warga yang berada di wilayah tersebut senantiasa mendukung program TMMD ke-112 agar berjalan dengan lancar sehingga pembangunan dapat memberi manfaat serta mensejahterakan masyarakat di Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang.

"Kami berharap masyarakat senantiasa mendukung kelancaran program TMMD ke-112 guna untuk mensejahterakan masyarakat serta membangun kampung agar lebih baik dari sebelumnya," ungkap Kapenrem. (Js)