Header Ads Widget

278 PMI Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dirawat di RSKI Pulau Galang

Foto : Para Pekerja Migran Indonesia saat menjalani pemeriksaan. (dok)

Batam, jejaksiber.com - Hingga hari ini, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kota Batam masih merawat Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang ke Indonesia karena terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Seluruh petugas yang tergabung dalam satuan tugas penanganan pemulangan PMI ke Indonesia masih terus dilaksanakan demi memutus penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Pjs kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi menjelaskan bahwa dalam Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun Warga Asing dilakukan secara bertahap.

"Mereka yang datang (PMI) ke Indonesia akan melaksanakan swab antigen terlebih dahulu, kemudian melakukan test PCR pertama dan dilanjutkan dengan melaksanakan isolasi mandiri selama 8 hari, setelah hari ke 7 mereka melaksanakan tes PCR yang kedua," kata Reza Fahlevi.

Lanjut Reza memaparkan, apabila dalam hasil PCR pertama dan kedua dinyatakan negatif, mereka boleh kembali ke kampung halaman dan beraktifitas keluar, namun apabila di awal kedatangan dengan test swab antigen pendatang (PMI) sudah dinyatakan positif mereka akan langsung di bawa ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, ini demi menekan tersebarnya virus Covid-19.

"Kemudian untuk PMI yang belum melaksanakan vaksinasi apabila dalam hasil PCR pertama dan kedua negatif akan di berikan vaksinasi," kata Mayor Reza.

Reza Fahlevi juga mengatakan bahwa hari ini Jum'at (8/10/2021) tercatat PMI yang melaksanakan karantina berjumlah 1.213 orang, yang terdiri dari 1.189 orang PMI/WNI, dan 24 orang WNA, baik yang melaksanakan karantina mandiri (8 hotel yang telah di tetapkan) maupun karantina yang telah di siapkan oleh pemerintah (Rusun).

"Sementara PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sekarang, dirawat di RSKI Pulau Galang berjumlah 278 orang," jelas Pjs. Kapenrem 033/WP.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu selaku Komandan Satuan Tugas Khusus Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun (WNA) yang masuk ke Indonesia melalui Kepri, mengingatkan agar seluruh petugas yang tergabung dalam Satgas untuk terus melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab.

"Check & recheck setiap tugas sesuai fungsi," pungkasnya. (Js)