Header Ads Widget

Mayjen TNI Hassanudin Tutup Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi

Foto : Panglima Kodam I/BB saat memimpin upacara penutupan latihan Uji Siap Tempur tingkat Kompi/Baterai Terintegrasi. (dok)

Pematangsiantar, jejaksiber.com - Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, menutup latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi/Baterai Terintegrasi Kodam I/BB  Tahun 2021, Minggu (10/10/21), di Kompleks Dolok Panribuan, Sumatera Utara.

Sebelumnya, Mayjen TNI Hassanudin didampingi para pejabat utama Kodam juga melihat langsung simulasi latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi/Baterai Terintegrasi satuan jajaran Kodam I/BB.

Pada kesempatan itu, Pangdam I/BB menyampaikan bahwa Profesionalisme keprajuritan hanya dapat ditingkatkan dan dikembangkan apabila pemahaman serta penguasaan terhadap hal-hal yang mendasar tentang prinsip kemiliteran dan keprajuritan betul-betul di kuasai dan dilaksanakan.

"Kalian membuktikan bahwa senantiasa siap mengemban tugas mesti berat, juga mampu menjawab berbagai persoalan yang telah diberikan pada latihan Uji Siap Tempur secara profesional, handal serta rasa tanggung jawab," kata Pangdam I/BB.

Pasukan yang terlibat dalam latihan UST terintegrasi seluruhnya berjumlah 815 prajurit, dan disiapkan untuk latihan YTP di Dolok Panribuan pada tanggal 13 s/d 27 Oktober 2021 mendatang.

"Saya berharap kepada penyelenggara latihan hendaknya hasil evaluasi uji siap tempur ini dapat ditindak lanjuti sebagai bahan penyempurnaan pelaksanaan latihan selanjutnya," tegas Jenderal bintang dua itu.

Mayjen Hassanudin juga menekankan pelaku harus mengerti fungsi kecabangan masing-masing ,ia memaparkan bahwa operasi serangan adalah bagaimana satuan manuver depan.

"Dalam hal ini Infanteri yang diperkuat satuan banpur, Kavaleri, Armed, Arhanud dan Zipur bisa bekerja sama sebagai satu tim yang solid sehingga bisa menyelesaikan tugas pokok," ujar Pangdam.

Pasukan yang terlibat dalam latihan UST Terintegrasi Jajaran Kodam I/BB TA. 2021 seluruhnya berjumlah 815  prajurit, terdiri dari Satuan Yonif Raider 100/PS, Yonkav 6/NK, Yonarhanud 13/PBY, Armed 2/105 dan Denzipur 1/DD.

Usai kegiatan penutupan UST Tingkat  Kompi/Baterai Terintegrasi Kodam I/BB TA 2021, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial dalam rangka HUT ke-76 Kodam 1/BB, selanjutnya pelepasan para Babinsa dalam mengirimkan paket sembako kepada masyarakat sekitaran wilayah daerah latihan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Danrindam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Danyonif Raider 100/PS, Danyokav 6/NK, Danyon Armed 2/105/KS, Danyon Arhanud 13/PBY, Danyon Zipur 1/DD dan masyarakat sekitar penerima bantuan. (Surya Damanik)