Header Ads Widget

DPP Solidaritas Pers Indonesia Gelar Audiensi ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru

Foto : Rombongan DPP Solidaritas Pers Indonesia (atas), Jajaran Pengadilan Tinggi Pekanbaru (bawah). (dok/Spi)

Pekanbaru, JejakSiber.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) menggelar audiensi ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Selasa (15/2/22).

Audiensi tersebut dilaksanakan guna meningkatkan hubungan silaturahmi yang baik antara insan Pers dengan pihak Pengadilan Tinggi. Rombongan Solidaritas Pers Indonesia disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru Dr. Drs. H. Panusunan Harahap, S.H., M.H., yang diwakili Wakil Ketua Roki Panjaitan, S.H.

Kunjungan silaturahmi dari DPP SPI itu turut dihadiri oleh tiga orang Hakim Tinggi yakni Belman Tambunan, S.H., M.H., Khairul Fuad, S.H., M.Hum., Lince Anna Purba, S.H., M.H., dua orang Hakim Ad Hoc Tipikor yaitu Tantowi Jauhari, S.H., M.H., Hendri, S.H., M.H., satu orang Panitera Tjatur Wahjoe. BSP, S.H., M.Hum. dan T. Yudianto Syafei Narim, S.IP., M.M. selaku Sekretaris Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Pengadilan Tinggi mengucapkan selamat datang kepada rombongan SPI Pusat di Pengadilan Tinggi dalam rangka silaturahmi.

"Selamat datang kepada jajaran Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Pers Indonesia di Pengadilan Tinggi Pekanbaru, salam kenal dan selamat datang," kata Roki Panjaitan sembari memperkenalkan dirinya beserta seluruh jajarannya.

Selanjutnya, Suriani Siboro selaku Ketua Umum Solidaritas Pers Indonesia mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat dari jajaran Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

"Assalamualaikum Wr. Wb., selamat pagi menjelang siang, salam sejahtera, terimakasih buat Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru dan segenap jajaran pada pagi hari ini yang telah meluangkan waktu untuk kami menjalin silaturahmi, semoga lewat pertemuan ini terjalin hubungan emosional yang baik antara SPI dan Pengadilan Tinggi, karena banyak informasi yang belum terpublikasi dari hasil kerja Pengadilan Tinggi, maka untuk itu kami dari SPI siap bersinergi dengan Pengadilan Tinggi," ujar Suriani Siboro mengawali pertemuan sembari memperkenalkan jajarannya yang turut mendampingi dia dalam kunjungan silaturahmi tersebut, antara lain Jasril Chaniago selaku Kabid Humas/Sosial, Wakil Bendahara Umum Paiman Sahat Tua Girsang, Hilda Kusdiyanti selaku Bidang Administrasi dan Editing, serta Mikael selaku Bidang Publikasi dan Liputan.

Dalam pertemuan hangat tersebut, muncul beberapa pertanyaan dari jajaran Pengadilan Tinggi, apa itu Solidaritas Pers Indonesia dan bernaung dimana?, apakah Badan Hukumnya sudah terdaftar di Menkumham?, media apa sajakah yang bergabung di SPI?, Bagaimana cara pengawasan dalam pemberitaan?, dan pertanyaan lainnya.

Lalu, Ketua Umum SPI menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh jajaran Pengadilan Tinggi tersebut dengan memaparkan sesuai dengan AD/ART yang ada di Organisasi Media dan Pers yang ia pimpin itu.

"Terimakasih buat kesempatan ini, perlu saya sampaikan bahwa SPI sudah menaungi kurang lebih 150 media se-Indonesia yang terdiri dari media cetak, online, elektronik, striming, SPI telah berdiri 1 (satu) tahun dan Kantor Pusat kami berdomisili di Jl. Pattimura, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, kami sudah terbentuk di enam (6) Provinsi dan ada Puluhan perwakilan daerah yang ada, kita sudah banyak melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan jurnalis, dan kami berdiri independen dan menjunjung tinggi UUD tahun 1945 dan UU Pers No 40 tahun 1999, dan perlindungan kami adalah Tuhan Yang Maha Esa," jelas Ketua Umum Solidaritas Pers Indonesia itu.

Kemudian, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi melanjutkan pertanyaannya mengenai DPP SPI, "Apa perbedaan antara PWI dengan SPI dan Organisasi PERS yang lainnya?," tanya Roki Panjaitan.

Dengan singkat dan padat Suriani Siboro menjawab, "Kita dan yang lainnya mempunyai badan hukum masing-masing, dan SPI memiliki badan hukum sendiri, dan semuanya sama-sama organisasi media," paparnya.

Disela perbincangan dalam kunjungan audensi tersebut, Khairul Fuad juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat membutuhkan media sebagai mitra kerja dalam publikasi setiap kegiatan-kegiatan yang ada di Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

"Pengadilan Tinggi butuh media yang bisa mempublikasikan kegiatan kami, supaya ter ekspos ke seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah pusat," pinta Khairul.

Di akhir pertemuan, Roki menyampaikan bahwa pentingnya media hadir untuk menyajikan berita-berita yang berimbang, karena menurutnya media adalah pilar ke empat dalam demokrasi Indonesia.

"Kami berharap SPI bisa jadi mitra yang baik, dan harapan kami SPI ini bisa bersinergi dalam setiap kegiatan yang ada di Pengadilan Tinggi Pekanbaru Riau agar bisa mempublikasikan atau kerjasama media yang tergabung di SPI," tutup Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru itu.

Usai pertemuan audensi, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (red)

Editor : Js