Header Ads Widget

Perbedaan Pimpinan dengan Pemimpin

Foto : Suriani Siboro Pemimpin Redaksi media borgolnews.com dan Ketua Umum Solidaritas  Pers Indonesia (kiri), Jonrius Sinurat Pemimpin Umum media online jejaksiber.com dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Solidaritas Pers Indonesia Provinsi Kepri (kanan) saat mengadakan pertemuan di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solidaritas Pers Indonesia (SPI). (dok/Js)

JejakSiber.com - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar dua suku kata yang kedengarannya sama namun memiliki makna berbeda, yakni Pimpinan dan Pemimpin.

Jika dikaji secara konteks, perbedaannya terletak pada bagaimana orang tersebut menjalankan perannya sebagai orang tertinggi dalam sebuah Wadah atau Organisasi maupun Perusahaan.

Harus dilihat juga dari sisi apa yang dikerjakan dan bagaimana teknis dan hasilnya.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas secara rinci tentang kedua suku kata tersebut.

Apa saja perbedaannya, jika dilihat dari perbuatan, tanggung jawab, merencanakan tujuan, memberi arahan, dan perilaku-perilaku khas Pimpinan dan Pemimpin.

Pengen tahu dimana perbedaannya? Yuk... Simak dalam tulisan dibawah ini hingga selesai.

Pengertian Pimpinan adalah ;

Pimpinan merupakan jabatan yang ada dalam sebuah Organisasi. Orang yang menjabat pada Organisasi tersebut belum tentu memiliki sikap Pemimpin.

Artinya, Pimpinan belum tentu bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sejak awal.

Sedangkan Pengertian Pemimpin yaitu ;

Pemimpin merupakan orang yang memiliki keterampilan untuk mempengaruhi orang lain dalam rangka mencapai tujuan bersama. Baik itu dalam Organisasi berukuran kecil maupun besar.

Dalam hal ini, Pemimpin juga tidak terbatas pada jabatan, melainkan sikap dan kemampuan dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Jadi, perbedaan Pimpinan dengan Pemimpin adalah ;

Dari pengertian yang sudah disampaikan tadi, sebenarnya kita sudah dapat mengambil intisari dari perbedaan Pimpinan dengan Pemimpin.

Pada intinya, orang yang menjadi Pemimpin bisa mengisi posisi atau jabatan Pimpinan. Sedangkan, Pimpinan yang mengisi jabatan belum tentu bisa menjadi Pemimpin.

Sedikit membingungkan bukan? Mari kita ulas secara pelan-pelan dan lebih jauh lagi, berikut beda antara Pimpinan dengan Pemimpin dalam menjalankan tugas Kepemimpinan ;

* Pemimpin memiliki niat baik dan selalu mengutamakan tujuan bersama. Sedangkan Pimpinan bisa jadi hanya bergantung pada otoritas dan menggunakan kekuasaan untuk memerintah bawahannya.

* Pemimpin memiliki keterampilan untuk mengarahkan jalan kepada para anggotanya serta mengambil tanggung jawab ketika terjadi apa-apa. Sedangkan Pimpinan bisa jadi hanya menuntut hasil dari anak buah dan tidak bertanggung jawab pada kesalahan yang dibuatnya.

* Pemimpin dapat menggerakkan hati para anggota tanpa harus menyuruh-nyuruh. Sedangkan Pimpinan belum tentu, bisa jadi hanya mengandalkan rasa takut para anggota untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

* Pemimpin dapat menjadi energi bagi para anggota untuk melaksanakan tugas secara bersama-sama. Sedangkan Pimpinan belum tentu memberi energi, justru bisa jadi menguras tenaga anak buahnya.

* Pemimpin mengajak dan memberi contoh. Sedangkan Pimpinan belum tentu, bisa jadi hanya memerintah.

Namun, deskripsi di atas belum tentu sepenuhnya benar. Bisa jadi, Pemimpin dan Pimpinan merupakan satu orang yang sama.

Menjabat posisi tertentu dalam sebuah Perusahaan dan terampil dalam memimpin para anggotanya.

Pemimpin dan role model yang baik, tentu akan sangat paham tentang menempatkan diri.

Kapan saatnya berada di depan untuk memberi teladan, di tengah untuk mengajak dan menyemangati, serta di belakang untuk memberi dorongan.

Seperti layaknya filosofi Ki Hajar Dewantara yang hingga kini lestari "Tut Wuri Handayani"

Tidak perlu jauh-jauh, dalam kehidupan sehari-hari yang dekat dengan kita pun bisa diambil contoh.

Misalnya, dalam menentukan tempat kencan, harusnya seorang laki-laki mampu memimpin perempuan dengan langsung mengambil inisiatif dan menentukan restoran atau cafe untuk makan dan ngobrol bersama.

Atau, menjadi inisiator grup tongkrongan tiap akhir pekan untuk sama-sama berbincang-bincang, bertukar pikiran, menanyakan kabar, serta melepaskan penat sambil memesan makanan atau minuman favorit di cafe, lalu menyalakan rokok untuk menambah kehangatan.

Demikian ulasan mengenai perbedaan Pimpinan dengan Pemimpin, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda sebagai pembaca kami.

Besar harapan kami agar artikel ini dapat dibagikan kepada sanak saudara, keluarga, kerabat, sahabat, rekan kerja, dan lain sebagainya. Sehingga dapat memberikan manfaat agar lebih memahami perbedaan antara Pimpinan dengan Pemimpin.

penulis : Ifan Prasya

Editor : Js

Sumber : id-velopedia.velo.com