Header Ads Widget

Tagor Manurung Resmi Memimpin KMBKS

Foto : Pelantikan Tagor Manurung sebagai Ketua Umum KMBKS. (dok/Jos)


Sorong, JejakSiber.com - DR. Tagor Manurung, S.E., M.M. memimpin kembali organisasi Kerukunan Masyarakat Batak Kota Sorong (KMBKS) periode 2022-2027.

Terpilihnya Tagor Manurung menjadi Ketua Umum KMBKS dari hasil aklamasi dari 48 ketua marga, suara untuk Tagor Manurung sebanyak 40 orang dari 48 orang atau 95,8 persen.

Setelah terpilih secara resmi, Tagor Manurung yang sehariannya sebagai dosen di Universitas Victory itu, maka ia telah dilantik sebagai Ketua Umum KMBKS periode 2022-2027, Jumat (25/2/22).

Tagor akan dilantik oleh Walikota Sorong yang diwakili Ketua Badan Kesbangpol Kota Sorong Hendrikus Momot, S.E. bertempat di Gedung Serbaguna Sirambe, Kota Sorong dan disaksikan oleh Ketua-ketua marga dari 5 puak suku Batak yang ada di Kota Sorong, yakni Batak Toba, Karo, Simalungu, Pakpak Dairi dan Angkola, ditambah dua orang lagi dari setiap marga-marga Batak.

Pelantikan Ketua Umum KMBKS dan seksi-seksi lainnya juga dihadiri oleh ormas lain yang ada di Kota Sorong serta unsur pimpinan TNI-Polri dan Forkopimda.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KMBKS terpilih memaparkan visi-misi yang diterapkan untuk KMBKS selama lima tahun kedepan dengan visi "Menjadi Organisasi Kemasyarakatan Unggul di Tanah Papua"

Serta tujuh misi yaitu, "Meningkatkan tata kelola organisasi yang  baik, Meningkatkan persatuan dan kesatuan yang berdasarkan nilai-nilai keagamaan dan adat istiadat, Melestarikan dan memelihara nilai moral serta budaya yang hidup dalam masyarakat, Mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong-royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, Meningkatkan kualitas keuangan secara transparan dan akuntabel, Meningkatkan kualitas di berbagai bidang (sektor) dalam mendukung pemerintah, serta Mengupayakan proses berdirinya sopo godang (rumah persatuan batak)"

Menjawab pertanyaan wartawan tentang program prioritas utama di organisasi KMBKS, Tagor Manurung mengatakan bahwa menjalin koorsinasi sesama badan pengurus, serta membuat tupoksi serta peduli Covid-19  atau selalu meningkatkan kegiatan sosial dan berupaya membangunan sopo godang atau rumah milik bersama orang batak.

"Tujuh misi KMBKS yang saya buat akan membantu program pemerintah daerah bagaimana kehadiran KMBKS di Kota Sorong, kami berupaya selalu membuat yang terbaik, baik antar sesama ormas yang ada di Tanah Papua, Kota Sorong secara khusus," pungkas Tagor Manurung.

Untuk diketahui, Tagor Manurung merupakan Ketua KMBKS yang kelima setelah yang pertama Siagian, J.Tampubolon, Aritonang dan T. Hutapea.

"Dulu, di jaman bapak Siagian nama organisasi Batak ini IKBSS (Ikatan Keluarga Batak Saroha Sorong), setelah T. Hutapea nama organisasi diganti menjadi KMBKS (Kerukunan Masyarakat Batak Kota Sorong ) hingga sekarang," jelas Tagor.

Acara pelantikan berlangsung secara sederhana, hanya mengundang tiga orang dari masing-masing marga dan  beberapa orang undangan dari luar, hal itu disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19. (Jos)

Editor : Js