Header Ads Widget

Hadiri Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri, Ansar : 'Agama dan Budaya Merupakan Karunia'

Foto : Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad saat menghadiri pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepri (tengah batik). (dok/Rca)

Batam, JejakSiber.com - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., menghadiri acara pelantikan jajaran Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau, bertempat di Ballroom Swiss Belhotel Harbour Bay, Sabtu (26/3/22).

Pada acara pelantikan tersebut, panitia mengangkat tema "Kolaborasi Gerakan Pemuda Katolik sebagai Agen Penggerak Moderasi Beragama dan Akselerasi Memperkuat Ekonomi Kader"

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengatakan bahwa setiap agama memiliki akidahnya masing-masing, namun tidak berarti menjadi halangan dalam merajut persaudaraan dan perdamaian antar umat manusia, "Agama dan Budaya merupakan Karunia," kata Ansar.

Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri itu juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, didampingi Sekretaris Jenderal Johanes Sitohang.

Pada kesempatan tersebut, Ketum Pemuda Katolik itu menegaskan beberapa poin penting dalam mengaktivasi dan mengagregasi gerak langkah organisasi.

"Salah satunya, pentingnya clusterisasi kader yang akan memudahkan membentuk simpul-simpul jaringan kerja dan menciptakan ekosistem kemandirian kader yang penting demi memaksimalkan kontribusi pemuda bagi masyarakat," tegas Gusma.

Selain Gubernur Kepri, Ketua Umum dan Sekjen Pengurus Pusat Pemuda Katolik, upacara pelantikan itu juga turut dihadiri anggota DPD RI, Haripinto Tanuwidjaja, Perwakilan Danrem, Perwakilan Danlantamal, Perwakilan Polda Kepri, pengurus KNPI Kepri, dan para ketua OKP tingkat Provinsi, Ketua GP Ansor PW Kepri Rahmat Budi, Ketua GAMKI Kepri Rikson Tampubolon, Ketua Majelis Buddhayana Kepri Candy Mudyta.

Sementara itu, Uskup Keuskupan Pangkalpinang yang berhalangan hadir paska isolasi, juga berkenan mengirimkan rekaman pesan peneguhan untuk pengurus yang baru dilantik.

Dukungan Hirarki Gereja Katolik Kepri terhadap Pemuda Katolik di Kepri tampak dari kehadiran para pastor paroki dan biarawati, Romo Kristiono Widodo (Sekretaris Vikep Utara Keuskupan Pangkalpinang), Pastor Antonius Faot CS, Romo Daniel Dionisius, Pastor Y Budi Yanto, SS.CC., Pastor Filipus Junianto, SS.CC., Pastor Aurelius Pati Soge, SVD., Romo Laurensius Dihe, Romo Agustinus Dwi Pramodo, para suster Kongregasi Fransiskanes Charitas, Kongregasi RGS, dan Kongregasi Fransiskanes Elisabeth.

Selain itu, pelantikan tersebut juga dihadiri ormas Katolik, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Keuskupan Pangkalpinang dan kader PMKRI Calon Cabang Batam.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri Dr. Vandarones Purba, S.T., M.H., dalam sambutannya berharap akan kemajuan organisasi kedepan, bersinergi dengan semua elemen, baik pemerintah, OKP dan masyarakat.

"Agar kehadiran Gereja di tengah masyarakat yang majemuk dapat dirasakan, maka kita meminta kader yang baru saja dilantik untuk memperkuat komitmen menjadi agen moderasi beragama bersama OKP lainnya demi mendukung Kepri yang damai, kondusif, dan semakin maju," ujar Vanda.

Usai pelaksanaan upacara seremonial, acara pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri ditutup dengan Misa Syukur dan Rapat Pleno I membahas penyelarasan gerakan dari pengurus pusat hingga daerah. (Roy)

Editor : Js