Header Ads Widget

Tambang Emas Illegal Marak di Kuansing, Warga Minta Penegak Hukum Bertindak

Foto : Lokasi tambang emas illegal di Kuansing. (dok/Rg)

Kuansing, JejakSiber.com - Maraknya beberapa kegiatan penambang emas tanpa izin (Peti) terlihat masih beroprasi di Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupten Kuantan Singingi, tepatnya di Kebun Nanas ke arah PT.UKM.

Saat tim awak media ini menulusuri objek yang dimaksud oleh sumber masyarakat yang tidak mau disebut namanya, memang benar ada beberapa PETI yang beroprasi dekat PT.UKM itu.

"Masih kok Pak, ada Peti yang beroprasi disini, kalau tidak percaya lihat aja kesana, sudah lama juga rasanya Peti itu beroprasi, rasanya tidak diketahui oleh penegak hukum," kata masyarakat itu.

Masyarakat mengeluhkan, walaupun air di bendung oleh penambang, rembesan tetap keluar keruh dan kental, ditambah lagi bila musim hujan tiba air sudah pasti meluap tidak terbendung lagi.

"Kami masyarakat dihilir Sungai sudah pasti keberatan, kalau kami bilang yang hilir itu bukan lagi air melainkan lunau," ujar warga itu dengan wajah prihatin.

Lebih lanjut masyarakat itu mengatakan, "Otomatis sumur kami yang dirumah tidak jernih dan bening, seperti kita pernah uji pak ,kalau air bening untuk buat kecambah tauge pasti berhasil, sementara pernah kita buat dari air sumur kecambah tauge kita itu seperti bantet," pungkasnya.

Mengenai siapa pemilik rakit peti itu, "Rasanya inisial SK, ya gitulah, harapan kami agar kesannya tidak ada pandang bulu dimata hukum," tutup masyarakat itu saat disambangi awak media ini, Jum'at (4/3/22).

Penulis : Rahmad Gabe

Editor : Js