Header Ads Widget

Diduga Illegal, Turnamen Esports di BCS Mall Dibubarkan

Foto : Ketua ESI Kota Batam, Suherman Sihombing, S.T. saat membubarkan turnamen Esports yang berlangsung di BCS Mall didampingi pengurus ESI lainnya. (dok/Rn)

Batam, JejakSiber.com - Turnamen Esports yang di gelar "King Of The King" di BCS Mall, Lubuk Baja, Kota Batam dibubarkan oleh Esports Indonesia (ESI) Kota Batam, Sabtu (18/6/22) sore sekitar pukul 18.20 WIB.

Pembubaran dilakukan saat turnamen sedang berlangsung, pasalnya kegiatan itu diduga illegal karena tidak memiliki izin dari ESI Kota Batam.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua ESI Kota Batam, Suherman Sihombing, S.T. yang didamping Hari Handoko selaku Bendahara ESI Provinsi Kepri dan beberapa pengurus ESI serta Dicky Zulkarnain dan Saur Nababan selaku pengurus ESI Kota Batam.

"Seharusnya mereka atau pelaksanaannya sampaikan surat dan mendapatkan surat rekomendasi dari ESI Kota Batam terkait kegiatan ini," kata Suherman kepada awak media ini saat ditemui di BCS Mall.

Suherman menjelaskan bahwa ada aturan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 Pasal 51 Ayat 2 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

"Disebutkan bahwa setiap penyelenggara kejuaraan olahraga yang mendatangkan langsung massa penonton wajib mendapatkan rekomendasi dari induk organisasi cabang olahraga bersangkutan dan memenuhi peraturan perundang-undangan," tegas Suherman yang akrab disapa Bung Herman.

Ketua ESI Kota Batam itu juga memaparkan, "Dalam hal ini ketentuan mengenai rekomendasi tersebut diatur dalam regulasi PBESI No : 034/PB-ESI/B/VI/2021 tentang pelaksana kegiatan Esports Indonesia, peraturan yang dikeluarkan PBESI selaku induk Organisasi Cabang Olahraga Esports," pungkasnya.

Bung Herman meminta kepada pelaksana kegiatan Esports untuk membubarkan kegiatan dan harus mendapatkan surat izin atau rekomendasi dari ESI untuk menyelenggarakan turnamen Esports.

"Sementara ini kegiatan tersebut diberhentikan, sembari menunggu surat dari penyelenggara dan mendapatkan surat rekomendasi dari ESI Kota Batam," tutup Bung Herman selaku Ketua ESI Kota Batam.

Untuk diketahui, bahwa saat ini turnamen resmi Esports tingkat Kota sedang berlangsung di One Batam Mall, Batam Center selama 4 (empat) hari berturut-turut sejak Kamis (16/6/22) kemarin hingga Minggu (19/6/22) yang diselenggarakan oleh ESI Kota Batam dan dibuka langsung oleh Walikota Batam, seperti diberitakan media ini sebelumnya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak penyelenggara turnamen Esports yang berlangsung di BCS Mall belum dapat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut. (Roy)

Editor : Js