Header Ads Widget

HUT Kodam 1/BB Ke-72, Danrem 033/WP Pimpin Ziarah

Foto : Danrem 033/WP saat menabur bunga di makam Pahlawan. (dok/Penrem)

Tanjungpinang, JejakSiber.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam I/Bukit Barisan yang ke-72, Komandan Korem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., M.Sc., memimpin upacara ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti, Tanjungpinang, Jum'at (17/6/22).

Pelaksanaan ziarah rombongan tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan hening cipta dan peletakan karangan bunga serta diakhiri dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Kusuma Negara oleh seluruh peserta ziarah.

Danrem 033/WP mengatakan bahwa Ziarah rombongan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pejuang Pahlawan yang telah gugur dan mengandung makna yang sangat dalam.

"Selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan," kata Yudi Yulistyanto dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut dijelaskan Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting untuk memberikan penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.

"Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan bangsa," ujar Danrem 033/WP.

Selain itu, kata Danrem 033/WP, "Ziarah itu juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawaan," pungkasnya.

Upacara ziarah Nasional ini turut dihadiri Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcabrem 033 PD I BB, Kasrem 033/WP, para Kasi Kasrem 033/WP, Dandim 0315/Tanjungpinang, Para Kabalak Rem 033/WP, Ibu-ibu persit dan para perwira Bintara dan tamtama TNI wilayah Tanjungpinang. (Js)

Editor : Red