Header Ads Widget

Minum Kopi Dapat Turunkan Risiko Kematian

Foto : Secangkir kopi siap minum di atas meja. (dok/Js)

Jakarta, JejakSiber.com - Minum kopi tanpa pemanis buatan dengan jumlah optimal sebanyak tiga cangkir per hari dapat menurunkan risiko kematian bagi peminum kopi dibandingkan yang bukan peminum kopi.

Hal itu dipublikasikan dalam sebuah penelitian berjudul "Association of Sugar-Sweetened, Artificially Sweetened, and Unsweetened Coffee Consumption With All Cause and Cause-Specific Mortality" (Annals of Internal Medicine, 31/5/2022).

Pengambilan data oleh peneliti dilakukan terhadap lebih dari 170.000 orang. Sampling dilakukan pada orang dengan rentang usia antara 37-73 tahun selama periode tujuh tahun. Peneliti menganalisis informasi demografis, gaya hidup, dan pola diet.

Christina Wee selaku editor jurnal ilmiah tersebut, seperti dikutip di laman media New York Times, Rabu (1/6/2022) mengatakan bahwa penelitian itu bersifat observational.

"Mungkin ada faktor gaya hidup lain yang berkontribusi terhadap risiko kematian yang lebih rendah kepada orang-orang yang minum kopi, seperti diet sehat dan rutin olahraga," pungkas Christina.

Demikian dijelaskan oleh Eric Goldberg selaku profesor klinis di N.Y.U. Grossman School of Medicine, sifat antioksidan pada kopi menjadi jawaban terhadap penelitian itu.

"Sifat antioksidan dapat mencegah dan menunda kerusakan sel," tutur Eric lewat berita New York Times, Rabu (1/6/2022). (Billy)

Editor : Js