Header Ads Widget

Audiensi dengan Pj. Walikota Pekanbaru, Begini Pernyataan Tegas dari DPP Solidaritas Pers Indonesia

Foto : Ketum DPP SPI, Suriani Siboro bersama jajaran pengurus lainnya menyerahkan dokumen legalitas Solidaritas Pers Indonesia kepada Pj. Walikota Pekanbaru, Muflihun didampingi jajarannya. (dok/ist/Spi)

Pekanbaru, JejakSiber.com - Penjabat (Pj.) Walikota Pekanbaru, Muflihun menyambut baik kehadiran jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organisasi media dan kewartawanan Solidaritas Pers Indonesia (SPI) dalam rangka audiensi di Kantor Mall Pelayanan Publik (MPP), Pekanbaru, Selasa (11/10/22).

Sebelumnya, pihak DPP SPI telah mengirimkan surat permohonan audiensi kepada Pj. Walikota Pekanbaru sebagai bentuk kemitraan antara pemerintah dengan SPI, tepatnya, Senin (10/10/22) kemarin dan langsung direspon baik oleh pihak Pemerintah Kota Pekanbaru.

Audiensi tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP SPI, Suriani Siboro dengan didampingi beberapa jajaran pengurus lainnya, yakni Dewan Pengawas DPP SPI, Daniel Linus Gultom, Bendahara Umum DPP SPI, Paiman Girsang, Wakil Sekretaris Umum DPP SPI, Tri Wahyudi, Bidang Organisasi DPP SPI, Wahyu Anda Ris, Bidang Kerjasama Kemitraan DPP SPI, Sisuka Masdi, Bidang Pemerintahan DPP SPI, Jhon H. Tanjung dan Hery Wahyudi serta perwakilan dari Wartawan, Aidil Destriandi Putra.

Pada pertemuan tersebut, Bidang Pemerintahan DPP SPI mengawali dengan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak Pemko Pekanbaru dalam menyampaikan berbagai aspirasi kepada Solidaritas Pers Indonesia.

"Terimakasih atas waktu dan tempat yang telah diberikan oleh bapak Penjabat Walikota Pekanbaru kepada kita, pertama sekali ijinkan kami memperkenalkan Organisasi kami ini, bahwa saat ini Solidaritas Pers Indonesia sudah memiliki 8 (delapan) cabang Provinsi yang dinamai Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan lebih dari 100 (seratus) cabang Kabupaten/Kota dengan sebutan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), sehingga secara keseluruhan, sudah ada kurang lebih 252 media partner baik cetak, online, maupun TV streaming yang tergabung di dalam organisasi SPI," jelas Jhon Tanjung.

Selanjutnya, Sekretaris Umum DPP SPI menuturkan bahwa Solidaritas Pers Indonesia siap mendukung segala program kerja Pj. Walikota Pekanbaru, "Terlebih lagi jika itu merupakan kepentingan masyarakat luas, khususnya Kota Pekanbaru," ujar Tri Wahyudi dengan optimis.

Tri Wahyudi juga memaparkan bahwa ada 5 (lima) poin yang akan dilakukan oleh SPI kedepannya dalam memberikan dukungan kepada Muflihun selaku Pj. Walikota Pekanbaru, yaitu ;

Pertama, siap menjadi corong bagi Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kedua, menolak segala pemberitaan hoax yang dinilai menyudutkan kinerja Pj. Walikota Pekanbaru.

Ketiga, menolak segala bentuk kriminalisasi Pers dalam bentuk apapun saat menjalankan tugas jurnalistik.

Keempat, akan tetap kritis terhadap Pemko Pekanbaru, untuk memberikan kritik yang membangun dalam menyikapi program kerja agar tetap mengedepankan kepentingan masyarakat.

Dan yang kelima, menjalin kerjasama dengan Pemko Pekanbaru agar tetap terjalin hubungan yang harmonis untuk membantu suksesnya program Pemko Pekanbaru.

"SPI hadir bukan hanya saja mengkritik, tapi juga menyajikan berita, tentunya membangun, membantu pemerintah dalam penyampaian informasi-informasi yang positif guna membangun Kota Pekanbaru," tegas Sekertaris Umum DPP SPI itu.

Pada kesempatan yang sama, Ketum DPP SPI menegaskan bahwa Solidaritas Pers Indonesia siap bersinergi kepada Pemerintah dan akan memberikan informasi dan kritik untuk membangun Kota Pekanbaru, agar Kota Pekanbaru dapat di lirik oleh Provinsi lain dan juga di luar Negeri.

"Karena kita melihat lansung kinerja pak Wali yang langsung turun gunung mengatasi banjir dan sampah yang berdampak langsung kepada masyarakat, saya sudah sangat lama kenal dengan bapak Muflihun, SPI tetap profesional dengan menunggu jadwal dari bapak Wali di tengah kesibukannya yang sangat padat," ujar Suriani Siboro melalui keterangan persnya kepada media.

Suriani Siboro yang dikenal sebagai wanita pejuang kebebasan dan kemerdekaan pers itu juga mengapresiasi sikap dari Pj. Walikota Pekanbaru yang mana di tengah-tengah kesibukannya, (Muflihun_red) masih tetap meluangkan waktu untuk dapat bertemu dan bersilaturahmi secara tatap muka dengan jajaran pengurus DPP Solidaritas Pers Indonesia.

"Semoga dengan pertemuan ini, kami bisa turut ambil bagian di Pemerintahan Kota Pekanbaru dalam mewujudkan Kota Pekanbaru menjadi Kota Adipura, dengan kerja keras dari Pejabatnya sendiri yang memang mau turun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk mengetahui situasi dan kondisi warganya sendiri," pungkas Suriani yang juga selaku Pemimpin Redaksi media online borgolnews.com itu.

Menanggapi beberapa hal dari SPI tersebut, Pj. Walikota Pekanbaru juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum DPP SPI beserta seluruh jajarannya yang hadir di dalam pertemuan kali itu.

"Saat baru menjabat, saya sudah memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang berat bapak ibu, diantaranya masalah parkir, banjir, pasar bawah dan masalah lainnya, tunda bayar yang menjadi beban APBD juga harus saya selesaikan, dan saat ini semua berangsur angsur mengalami peningkatan yang membaik," ucap Muflihun dengan nada semangat.

Muflihun juga mengaku bahwa sejauh ini berbagai bulian ia terima, namun kata Pj. Walikota Pekanbaru itu, "Walau ada banyak bulian terhadap saya atas semua polemik yang ada di Kota Pekanbaru ini, segala bulian itu tidak menjadikan saya lemah, justru itu membuat saya semakin yakin untuk membangun Pekanbaru ini," pungkasnya.

Lebih lanjut disampaikan Pj. Walikota Pekanbaru itu, "Bahkan saat ini ada berita hoax yang mengatasnamakan saya, jujur bapak ibu, saat masih Sekwan, saya wellcome terhadap semua Wartawan, tidak tebang pilih, dan saya berteman dengan semuanya, makanya saya bingung sekarang kok ada pemberitaan hoax yang menyatakan saya menyuruh seseorang untuk mencederai kawan  Wartawan, padahal Wartawan itu teman saya," ucap Muflihun sembari elus dada.

Di akhir bincang-bincang nya dengan pihak DPP SPI, Muflihun mengatakan, dengan kesempatan itu, ia berharap kepada SPI dan seluruh rekan media untuk menyampaikan berita yang berimbang di masyarakat agar tidak terjadi pemberitaan hoax yang menghambat kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Memberi kritikan itu biasa, asal untuk membangun  mensukseskan program program kerja Pemko Pekanbaru, mari kita jadikan Pekanbaru ini Kota yang terkenal dengan segala keelokannya di daerah lain, agar keelokan itu mampu mengundang investor untuk membuka lapangan pekerjaan dan akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat kota Pekanbaru," tutup Pj. Walikota Pekanbaru mengakhiri diskusinya. (Red)

Editor : Js

Sumber : DPP SPI